in ,

FEKDI, Ajang Transformasi Ekonomi Keuangan Digital

Kerangka Strategi Nasional Ekonomi Digital, imbuh Airlangga, meliputi tiga strategi lintas sektor yaitu mempercepat digitalisasi di sektor bisnis dan industri, menciptakan berbagai macam peluang dalam pengembangan dan konektivitas digital yang dapat dimanfaatkan dengan setara oleh semua pihak, juga mendorong koordinasi lintas sektor dan lintas lembaga pemerintahan baik di pusat maupun daerah.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut tantangan Indonesia akan semakin meningkat dengan adanya pandemi Covid-19 dan era digitalisasi. Sri Mulyani menyebut Covid-19 sebagai chief operating transformation bagi semua negara menuju era digitalisasi.

Ia pun memaparkan, kebijakan fiskal untuk mendukung bidang teknologi dan informasi (TI) terdiri dari belanja kementerian dan lembaga, transfer ke daerah, dan pembiayaan. Untuk kebutuhan layanan internet terutama di daerah 3T yang akan dikomandoi Kementerian Komunikasi dan Informatika di tahun 2020-2024. APBN di 2021 yang digelontorkan mencapai 17 triliun, dan transfer ke daerah sebesar Rp 9 triliun.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

“Tujuannya agar 909.113 desa di 3T bisa terkoneksi internet, agar mereka tidak menjadi digital divide di negaranya sendiri. Sebanyak 93.900 sekolah dan pesantren bisa masuk dalam jaringan intenet. Itu inti dari transformasi yang berkeadilan,” jelasnya.

FEKDI yang bertema “Bersinergi dalam Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia” ini merupakan joint event Bank Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yang bertujuan meningkatkan integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan efisien.

Digelar selama lima hari, rangkaian acara FEKDI 2021 dipimpin Menko Perekonomian bersama BI; serta didukung 16 kementerian/lembaga, 14 pelaku industri mulai dari perbankan, e-commerce, marketplace, dan juga lima asosiasi.

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *