in ,

Ekonomi Digital Indonesia Kalahkan ASEAN di 2030

Ekonomi Digital Indonesia Kalahkan ASEAN di 2030
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, Indonesia berpotensi memiliki nilai ekonomi digital pada 2030 mencapai Rp 4.531 triliun atau naik delapan kali lipat dari 2020. Pencapaian itu membuat Indonesia mengalahkan negara-negara di Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

“Ekonomi digital Indonesia di 2030 kita lihat diperkirakan menjadi Rp 4.531 triliun, artinya akan enam kali lebih besar dari Malaysia, hampir lima kali dari Filipina, hampir enam kali dari Singapura, Thailand hanya se-per seratus dari Indonesia, dan hampir empat kali dari Vietnam,” ungkap Lutfi dalam webinar bertajuk Geliat e-Commerce dan Logistik sebagai Penopang Ekonomi di Tengah Pandemi, pada Rabu (7/7).

Baca Juga  Butuh Rp 3.461 Triliun untuk Tangani Perubahan Iklim

Prediksi itu menurut Lutfi realistis karena produk domestik bruto (PDB) Indonesia diprediksi turut meningkat menjadi Rp 24.000 triliun pada 2030 dari sebesar Rp 15.400 triliun pada 2020. Menurutnya, pertumbuhan PDB Indonesia mampu sejalan dengan pertumbuhan ekonomi digital. Pada saat yang bersamaan, kontribusi ekonomi digital Indonesia pada 2020 sebesar Rp 603 triliun atau akan naik 8 kali lipat pada 2030 menjadi sebesar Rp 4.531 triliun.

“Artinya ketika PDB tumbuh 1,5 kali lipat, pertumbuhan ekonomi digital akan tumbuh 8 kali lipat. Ini pertumbuhan luar biasa. Ke depan ini bisa menjadi bagian dari daya ungkit ketika terjadi krisis seperti Covid-19 karena tiba-tiba kita bangun dari tidur kita karena e-commerce itu bagian ekonomi yang penting,” jelas Lutfi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0