in ,

Ditutup Hari ini, Simak Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja
FOTO: IST

Ditutup Hari ini, Simak Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Pajak.comJakarta – Pendaftaran untuk program Kartu Prakerja Gelombang 67 akan ditutup pada hari ini, Senin, 6 Mei 2024, pukul 23.59 WIB. Untuk Anda yang belum mengikuti program Kartu Prakerja, simak jadwal lengkap, persyaratan terbaru, dan cara daftar Kartu Prakerja dalam artikel ini.

Untuk diingat, pemerintah telah membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 67 sejak Jumat, 3 Mei 2024 pukul 12.00 WIB. Hanya berlangsung singkat, masa pendaftaran ini akan ditutup pada Senin, 6 Mei 2024 pukul 23.59 WIB.

“Hari ini, hanya tinggal beberapa jam lagi kesempatan kamu buat klik ‘Gabung Gelombang’ untuk ikut seleksi di Gelombang 67 Prakerja. Segara klik tombolnya di dashboard akun Prakerja kamu!” kata Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melalui akun Instagram @prakerja.go.id, Senin (6/5).

Apa itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan, khususnya bagi pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dan mereka yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program ini diatur oleh beberapa peraturan presiden dan peraturan menteri, antara lain Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 Tahun 2020, Perpres Nomor 76 Tahun 2020, Perpres Nomor 113 Tahun 2022, Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020, dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 25 Tahun 2020.

Baca Juga  Program Kartu Prakerja 2023 Resmi Dibuka

Setelah mendaftar dan dinyatakan lulus seleksi, peserta berhak mendapatkan bantuan biaya dengan besaran tertentu untuk mengikuti pelatihan yang dibutuhkan. Pelatihan yang dapat dilaksanakan baik secara daring atau luring ini meliputi pembekalan kompetensi kerja, peningkatan kompetensi kerja, atau alih kompetensi kerja.

Apa saja persyaratan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 67? 

Sebelum mendaftar, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia paling rendah 18 tahun dan maksimal 64 tahun.
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  4. Sedang mencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau pekerja yang ingin meningkatkan kompetensi kerja.
  5. Bukan PNS, Polri, TNI, pejabat negara, karyawan BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta bukan direksi atau komisaris pada perusahaan tersebut.

Bagaimana cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 67?

Bagi calon peserta yang telah memiliki akun Prakerja, proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mengeklik ‘Gabung Gelombang’ di papan kendali akun mereka. Sementara itu, bagi yang belum memiliki akun, langkah pertama adalah melakukan pendaftaran di situs resmi www.prakerja.go.id.

Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran untuk Kartu Prakerja:

  1. Akses situs www.prakerja.go.id dan klik menu ‘Daftar Sekarang’.
  2. Masukkan alamat surat elektronik (surel) dan kata sandi yang valid.
  3. Isi data pribadi seperti NIK, nomor KK, dan tanggal lahir, kemudian klik ‘Lanjutkan’.
  4. Lengkapi data diri dan pastikan semua informasi yang dimasukkan sudah sesuai.
  5. Lakukan verifikasi foto e-KTP dan pindai wajah sesuai instruksi.
  6. Jawab pertanyaan seputar alasan mengikuti program Kartu Prakerja.
  7. Isi pertanyaan tentang minat dan keterampilan pelatihan yang diinginkan.
  8. Verifikasi nomor telepon genggam dengan kode OTP yang dikirimkan.
  9. Selesaikan Tes Kemampuan Dasar (TKD) atau Soal Kemampuan Belajar (SKB).
  10. Jika sudah selesai mengerjakan, pilih ‘Lanjut ke Dashboard’
  11. Akun Kartu Prakerja telah berhasil didaftarkan.
Baca Juga  Kriteria dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Klaim Saldo DANA Gratis Rp 700.000

Selain pelatihan, peserta yang berhasil terdaftar juga berkesempatan untuk mengklaim saldo DANA gratis senilai Rp 700.000. Hal ini merupakan bagian dari insentif yang diberikan oleh program Kartu Prakerja untuk mendukung proses pembelajaran dan pengembangan diri peserta.

Dengan berakhirnya pendaftaran Gelombang 67 pada malam ini, masyarakat diimbau untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Program Kartu Prakerja telah terbukti membantu banyak individu dalam meningkatkan kualitas kehidupan profesional mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resmi Kartu Prakerja atau hubungi layanan pelanggan resmi Kartu Prakerja.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *