in ,

Kriteria dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Kriteria dan Cara Daftar Kartu Prakerja
FOTO: IST

Kriteria dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Pajak.com, Jakarta –  Pemerintah telah membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 48 tahun 2023 tahap pertama mulai Jumat, 3 Februari 2023.  Kartu Prakerja tahun ini mengalami enam perubahan, termasuk peserta yang diperbolehkan mendaftar program. Seperti apa kriteria pesertanya dan bagaimana cara daftar Kartu Prakerja?

Sebagai informasi, program Kartu Prakerja tahun ini tidak lagi semi bantuan sosial atau bansos. Namun, pemerintah akan menerapkan skema normal dan fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja. Skema normal tersebut diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 113 Tahun 2022 pengganti Perpres No.36/2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Mengutip laman resmi program Kartu Prakerja pemerintah di prakerja.go.id, peserta yang bisa mendaftar program Kartu Prakerja tahun 2023 adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan

Pertama, seluruh warga negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun dan maksimal 64 tahun, yang memenuhi persyaratan. Kedua, tidak sedang menempuh pendidikan formal. Peserta sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Ketiga, peserta adalah masyarakat penerima bantuan sosial pemerintah lainnya, seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Presiden Untuk Usaha Mikro (BPUM) bisa mengikuti program Kartu Prakerja. Aturan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Keempat, peserta bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Kelima, peserta yang menjadi penerima Kartu Prakerja maksimal dua Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam satu Kartu Keluarga (KK).

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

Cara mendaftar Kartu Prakerja 2023 pun cukup mudah. Calon peserta cukup memasukkan NIK, nomor KK, tanggal lahir, e-mail, dan password di akun situs resmi Prakerja. Setelah melengkapi seluruh data diri dengan benar, lakukan verifikasi foto NIK (Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik/e-KTP) dan foto wajah. Kemudian, lakukan verifikasi nomor telepon seluler dan masukkan kode OTP sesuai yang diterima.

Langkah berikutnya, sebelum memilih gelombang, calon peserta wajib mengerjakan tes kemampuan dasar (TKD) atau soal kemampuan belajar (SKB). Untuk mendaftar pada program yang tersedia di dasbor sesuai alamat KTP, klik Gabung Gelombang. Setelah pendaftaran selesai, calon peserta tinggal menunggu pengumuman melalui dasbor akun peserta masing-masing.

Baca Juga  Kemenves/BKPM Terbitkan 8 Juta Nomor Induk Berusaha

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *