in ,

BCA Salurkan Rp 400 M untuk Danai “Startup” Lokal

Melihat hal itu, maka tidak heran investor, baik global maupun domestik berbondong-bondong menyuntikkan modal ke startup. Sebut saja investor asing, seperti SoftBank, Sequoia, Golden Gate Ventures (GGV), Alibaba.

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga melakukan hal senada, bahkan hingga mendirikan Merah Putih Fund. Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan komitmen awal pendanaan putaran pertama senilai 300 juta dollar AS dari lima modal ventura BUMN yaitu, Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan BNI VenturesMPF. Perkembangan terakhir, Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) dipastikan bergabung dalam Merah Putih Fund yang akan diresmikan pada kuartal II-2022.

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

“Ini upaya positif supaya BUMN bisa mendorong dan memberikan semangat kepada startup lokal. Tentu ada peluang bagi BUMN untuk berinvestasi di startup global lainnya yang punya prospek bagus, namun dengan kebijakan ini menunjukkan ada keberpihakan BUMN pada startup lokal. Merah Putih Fund akan memfokuskan pendanaan kepada soonicorn (soon to be unicorn) atau startup yang belum menjadi unicorn,” jelas Erick.

Ditulis oleh

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *