in ,

AS Selidiki Dampak TikTok terhadap Kesehatan Mental

Sejatinya, kekhawatiran dunia terhadap tren medsos bukan tanpa alasan. Mengutip PsyPost, studi yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health mengungkap, terjadi penurunan kerja memori pada orang dengan kecenderungan kecanduan TikTok. Penurunan kinerja memori ini sebagian disebabkan oleh peningkatan depresi dan kecemasan.

Salah satu penulis studi itu, Peng Sha dan Xiaoyu Dong, menjelaskan, penelitian dihasilkan dari kuesioner yang dibagikan kepada 3.036 siswa sekolah menengah atas (SMA) di Tiongkok. Mereka merupakan pengguna TikTok aktif dan pasif. Kemudian, siswa itu menjalankan sejumlah tes untuk mengukur depresi, kecemasan, stres, dan kerja memori. Hasilnya, siswa yang memiliki kecenderungan kecanduan TikTok memiliki skor yang buruk untuk tes kerja memori. Mereka juga memiliki skor yang lebih tinggi terhadap depresi, kecemasan, dan stres.

Baca Juga  Percepatan Transformasi Digital Kunci Pemulihan Ekonomi

Di Indonesia, terdapat contoh kasus yang diduga diakibatkan oleh TikTok. Di akhir 2021, pihak kepolisian mengungkap, seorang pria berinisial SS mempertontonkan aksi bunuh diri secara langsung (live) di TikTok. Kepolisian menemukan jasad korban di rumah susun (Rusun) di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *