in ,

Anggota G20 Rumuskan Solusi Tantangan Ekonomi Global

G20 Ekonomi Global
FOTO: IST

Pajak.com, Washington DC – Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara anggota G20 pekan ini telah melakukan pertemuan di Washington DC, AS untuk melanjutkan pembahasan beberapa isu ekonomi global. Pembahasan itu juga mencakup isu kesehatan, arsitektur keuangan internasional, dan keuangan berkelanjutan.

Menyikapi perang Rusia dan Ukraina, anggota G20 menyatakan keprihatinan mendalam tentang krisis kemanusiaan dan dampak ekonomi yang terjadi. Anggota G20 juga memandang bahwa perang dan tindakan yang menyertainya telah dan akan semakin menghambat proses pemulihan global. Negara-negara berpenghasilan rendah dan rentan akan paling terpengaruh karena masih menghadapi tantangan lain yang belum selesai seperti akses vaksin yang terbatas, ruang fiskal yang sempit, dan kerentanan utang yang tinggi. Dampaknya, negara-negara di seluruh dunia harus turut membayar biaya tinggi dari perang ini.

Baca Juga  Bioskop Boleh Buka pada Perpanjangan PPKM Jawa-Bali

Sri Mulyani mengungkapkan, anggota G20 menekankan peran krusial G20 sebagai forum kerja sama ekonomi internasional, untuk mengatasi tantangan ekonomi dunia yang kompleks.

“Para anggota juga mendukung langkah penyesuaian terhadap agenda yang tengah berjalan guna menanggulangi dampak ekonomi dari perang, sambil tetap menjaga komitmen untuk mencari solusi bagi tantangan global yang telah berlangsung lama agar dunia pulih kembali dengan kuat secara berkelanjutan, inklusif, dengan pertumbuhan yang seimbang,” tutur Sri Mulyani dalam keterangan tertulis Kamis (21/4/22).

Sri Mulyani juga menegaskan, Indonesia telah menerima dukungan penuh dari anggota untuk bekerja sama mengatasi tantangan global, sembari tetap mengusung agenda utama Presidensi Indonesia, “Recover Together, Recover Stronger”. Dengan semangat multilateralisme, para anggota dapat mencapai konsensus di pertemuan kedua FMCBG hari ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *