Menu
in ,

9 Pekerjaan yang Terancam Hilang Tahun 2030

9 Pekerjaan yang Terancam Hilang

FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Dalam sebuah acara kuliah umum di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) secara daring baru-baru ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, akan ada sembilan jenis pekerjaan yang akan hilang pada tahun 2030. Selain pekerjaan yang terancam punah, Erick juga menyebutkan ada sembilan pekerjaan yang akan dibutuhkan di tahun tersebut. Hal ini tak lepas dari pesatnya digitalisasi yang tumbuh di hampir pada semua sektor. 9 pekerjaan yang terancam hilang tahun 2030. Apa saja jenis pekerjaan yang akan hilang dan muncul di tahun 2030 mendatang?

“Dengan digitalisasi akan banyak pekerjaan yang hilang, jenis usaha juga berubah,” kata Erick mengutip studi yang dilakukan oleh tiga negara, yakni Amerika, Jerman dan Australia.

Adapun sembilan pekerjaan yang diprediksi akan hilang, yakni.

  • Tenaga jasa penyiapan makanan.

Jika saat ini, Anda berkunjung ke restoran atau kafe, biasanya Anda tinggal duduk dan memesan makanan atau minuman. Lantas, petugas jasa penyiapan makanan yang dibayar oleh pihak restoran akan mengantarkan makanan ini ke meja Anda. Di masa depan, tugas pelayan restoran atau bar tender itu diprediksi akan digantikan oleh mesin atau robot. Anda tinggal duduk, makanan atau menikmati campuran minuman yang pelayanannya sudah diganti dengan algoritme yang didokumentasikan dengan cermat melalui gawai. Saat ini sudah semakin banyak restoran yang melakukan tren ini di seluruh dunia.

  • Administrasi perkantoran

Digitalisasi juga telah berhasil memangkas kerja-kerja administratif yang selama ini dilakukan manual. Mekanisme pembayaran sudah berbasis online dan digital, penyimpanan data pun demikian. Semua serba-paperless dan tersimpan di komputasi awan. Proses perjanjian antar-pihak pun sudah dilakukan secara online, bahkan termasuk tanda tangan pun sudah dengan konsep digital.

  • Tenaga jasa transportasi (agen perjalanan)

Di masa depan, peran agen perjalanan atau travel juga diprediksi akan hilang lantaran banyaknya agen perjalanan daring yang lebih mudah diakses melalui ponsel pintar. Bahkan, tak sedikit platform yang meluncurkan aplikasi untuk memudahkan pelanggan. Ditambah lagi, melalui aplikasi atau agen perjalanan daring, seseorang bisa merencanakan dan mengatur sendiri liburannya. Mulai dari hari keberangkatan, akomodasi transportasi dan penginapan, serta lokasi yang akan dikunjungi.

  • Tenaga produksi manufaktur non-auto

Dengan munculnya industri 4.0, saat ini tenaga produksi manufaktur non-auto juga sudah banyak dilakukan oleh mesin. Para karyawan perusahaan yang biasanya merakit kendaraan secara manual, misalnya, di masa depan proses ini akan dilakukan semuanya oleh mesin.

  • Pekerjaan konstruksi dan ekstraksi

Dalam beberapa tahun belakangan, Anda tentu telah mengenal teknologi 3 printing. Teknologi ini merupakan mesin cetak yang menggunakan metode manufaktur aditif untuk menghasilkan benda tiga dimensi berdasarkan file desain digital. Pertama-tama 3D Printer akan melakukan pembacaan soft file desain lalu dilanjut dengan proses pencetakan layer by layer material filamen sampai objek terbentuk utuh. Material filamen yang digunakan ada beragam bisa berupa plastik, beton, pasir, kayu, baja, dan lain-lain. Di masa depan, teknologi ini akan menggantikan peran manusia di dunia konstruksi.

  • Pertanian tradisional perikanan dan kehutanan

Di era digital ini sektor pertanian, perikanan dan kehutanan juga sudah banyak digantikan oleh peran teknologi, Misalnya transplanter untuk hal penanaman padi yang meningkatkan produksi padi hingga 30 persen. Ada juga alat untuk panen padi yang memudahkan dalam proses pemotongan hingga pengantongan padi, hingga mesin pemilih bibit unggul. Demikian halnya di perikanan dan kehutanan.

  • “Sales and related field”

Saat ini penjualan dan bidang terkait juga lebih banyak ditangani oleh perangkat digital. Di dunia tele-marketing, misalnya, di tahun 2030, pekerjaan ini disebut akan hilang karena orang tidak lagi tertarik dengan panggilan asing semacam itu. Teknik marketing zaman sekarang, banyak perusahaan yang memilih merekrut copywriter atau kreator konten untuk melakukan penawaran melalui media sosial dan sejenisnya. Demikian halanya pekerjaan kasir yang lebih banyak menggunakan aplikasi perangkat lunak.

  • “Social media manager”

Social media manager merupakan seseorang yang dipercaya perusahaan untuk memonitor, mengeksekusi, menyaring, menyunting bahkan mengukur kehadiran media sosial dari sebuah perusahaan, brand atau perorangan. Posisi ini biasanya juga disebut sebagai voice of the company karena mereka bisa dikatakan sebagai ujung tombak perusahaan. Orang di posisi ini juga harus sangat selektif dalam menyaring konten dan harus sangat berhati-hati dengan konten yang akan tayang. Ke depan posisi ini akan diambil alih oleh aplikasi yang secara otomatis bisa memberikan analisis akurat dan rekomendasi terbaik berdasarkan data yang ada.

  • Jasa pengamanan

Usaha jasa penyediaan tenaga pengamanan (guard services) biasanya memberikan jasa berupa penyediaan tenaga satuan pengamanan untuk melakukan pengamanan yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja pengguna jasa. Di masa depan, jasa ini juga akan diprediksi digantikan oleh sistem digital.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version