in ,

5 Strategi TPIP dan BI Kendalikan Inflasi

Keempat, memperkuat sinergi komunikasi kebijakan untuk mendukung pengelolaan ekspektasi inflasi masyarakat. Kelima, memperkuat koordinasi pemerintah pusat dan daerah dalam pengendalian inflasi lewat rapat koordinasi nasional (Rakornas) pengendalian inflasi 2022.

“Ke depan, pemerintah dan BI, baik di tingkat pusat maupun daerah, berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi agar inflasi IHK (indeks harga konsumen) tetap terjaga sesuai kisaran sasarannya. Upaya tersebut diharapkan dapat semakin mendorong peningkatan daya beli masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah meningkatnya risiko global,” jelas Perry.

Ia mengatakan, inflasi yang rendah dan stabil juga akan memperkuat stabilitas dan mendukung pemulihan perekonomian untuk tumbuh lebih tinggi dan berkesinambungan menuju Indonesia Maju.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga menyebut, pergerakan inflasi menjadi tantangan utama pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini. Karena itu, pemerintah juga mendorong Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk menjaga tingkat inflasi yang terkendali.

“Tim Pengendali Inflasi Daerah perlu berperan agar kita bisa menjaga inflasi, sehingga pertumbuhan bisa didorong menjadi pertumbuhan yang berkualitas. pengendalian inflasi penting dilakukan di tengah momentum pemulihan ekonomi saat ini. Apalagi ekonomi Indonesia pada tahun lalu berhasil mencapai pertumbuhan yang positif di angka 3,69 persen,” jelas Airlangga.

Ditulis oleh

Baca Juga  Jaga Ekonomi Nasional, Wamenkeu Beberkan Strategi Hadapi Konflik Timur Tengah 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *