in ,

Manfaat Jika Kita Membayar Pajak

Manfaat Jika Kita Membayar Pajak
FOTO : IST

Manfaat Jika Kita Membayar Pajak

Pajak.com, Jakarta – Akhir-akhir ini, jagat media sosial sempat dihiasi dengan tagar #stopbayarpajak. Tak ingin tinggal diam, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pun menegaskan bahwa mereka yang tidak mau membayar pajak berarti tidak menginginkan negara Indonesia untuk maju. Mengingat, pajak merupakan pungutan wajib yang diberikan kepada negara oleh Wajib Pajak, yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan negara dan kesejahteraan masyarakat umum. Perlu diketahui, di Indonesia sendiri, pajak menyumbang sekitar 80 persen penerimaan negara dan menjadi sumber utama penerimaan negara. Bahkan, penetapan kebijakan pajak memiliki peran signifikan dalam pertumbuhan dan pemulihan ekonomi suatu negara. Sebelum menyimpulkan bahwa pajak akan menyengsarakan masyarakat, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat apa saja yang kita dapatkan jika membayar pajak.

Manfaat pajak

Tak dapat dipungkiri masyarakat yang belum patuh membayar pajak disebabkan minimnya informasi maupun edukasi mengenai manfaat pajak. Setelah memahami pengertian pajak, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat pajak secara lebih mendalam.

1. Manfaat bagi pemerintah

  • Mengatur dan menjaga stabilitas negara
  • Untuk pendanaan yang bersifat reproduktif, seperti pengeluaran yang ditujukan di sektor ekonomi, dan keuntungan tersebut digunakan untuk kepentingan masyarakat
  • untuk pendanaan negara yang bersifat self-liquiditing, seperti pengeluaran untuk proyek produktif barang ekspor
  • untuk pendanaan negara yang bersifat tidak produktif, seperti pendanaan pertahanan negara atau pembangunan khusus untuk kaum duafa
  • untuk pendanaan yang bersifat tidak produktif dan self-liquiditing, seperti pembangunan monument tertentu
Baca Juga  Terbitkan Faktur Pajak Fiktif, Pemilik Perusahaan Pupuk Diserahkan ke Kejati Sumut 

2. Manfaat bagi masyarakat

  • Untuk pembangunan fasilitas umum dan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, sekolah, dan rumah sakit
  • Untuk pertahanan dan keamanan, seperti bangunan, senjata, dan perumahan
  • Untuk subsidi pangan dan bahan bakar minyak
  • Untuk melaksanakan hajatan demokrasi, seperti pemilu
  • Untuk kelestarian lingkungan hidup dan budaya
  • Untuk pengembangan alat transportasi massa, seperti pelayanan transportasi umum bagi masyarakat

3. Manfaat bagi pengusaha

Menariknya, tanpa kita sadari bahwa sebenarnya pajak juga memiliki banyak manfaat bagi para pengusaha, berikut adalah manfaat pajak bagi pengusaha yang perlu Anda ketahui.

  • Menunjukkan kredibilitas perusahaan

Membayar pajak dapat menunjukkan kredibilitas suatu perusahaan. Perusahaan dengan kredibilitas yang baik pasti rutin membayar pajak tepat waktu, baik setiap bulan maupun setiap tahunnya. Perusahaan tentu tidak ingin jika namanya masuk dalam daftar hitam petugas pajak karena tidak taat membayar pajak.

  • Menunjukkan sehatnya keuangan perusahaan
Baca Juga  4 Sektor Dominan Penyumbang Penerimaan Pajak Kanwil DJP Jakut Sebesar Rp 8,35 T

Membayar pajak dapat menunjukkan sehatnya keuangan perusahaan. Keuangan yang sehat tentu menjadi salah satu kunci suksesnya suatu perusahaan. Perusahan dengan keuangan yang sehat tentu akan menghindari keterlambatan membayar pajak karena itu justru merugikan. Mengingat adanya denda dari Dirjen Pajak bagi perusahaan yang telat membayar pajak.

  • Terlihat lebih profesional

Perusahaan akan terlihat lebih profesional di mata distributor maupun konsumen. Hal ini dikarenakan perusahaan yang taat membayar pajak pasti mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Terlebih, NPWP menjadi salah satu bagian terpenting dalam surat kerja sama kontrak dengan konsumen maupun distributor. Perusahaan tentu akan terlihat tidak profesional jika tidak memiliki NPWP.

  • Mendapatkan pinjaman jadi lebih mudah

Memiliki kartu NPWP juga bermanfaat dalam hal pinjam-meminjam dengan bank. Pihak bank akan menganggap bahwa kita adalah pelaku bisnis profesional karena memiliki kartu NPWP khusus untuk bisnis. Dengan adanya kemudahan pinjaman dari bank, tentu mengembangkan perusahaan akan menjadi lebih mudah.

  • Keuntungan bagi pengusaha domestik
Baca Juga  Kanwil DJP Jaksel II: Manfaatkan Hak Pengungkapan Ketidakbenaran Pengisian SPT

Barang-barang impor yang dikenakan pajak tinggi oleh pemerintah bertujuan agar produksi dalam negeri mampu bersaing di pasaran. Pemerintah dapat mengenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap produk-produk mewah impor. Pajak yang dibayar oleh pengimpor itu akan meredam neraca perdagangan dan jumlah barangnya akan berkurang. Dengan demikian, pengusaha dapat memajukan bisnisnya dan bersaing dengan barang-barang impor.

 

 

 

 

 

 

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *