in ,

Cara Isi Informasi Pajak di Google Adsense bagi Youtuber

Cara Isi Informasi Pajak
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Saat ini para kreator bisa mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Untuk itu, mulai Juni 2021, Google diwajibkan untuk mengumpulkan informasi pajak dari para kreator yang bergabung dalam YouTube Partner Program (YPP). Bila kreator tidak mengisi informasi pajak, total penghasilan dari YouTube akan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 24 persen. Berikut dijelaskan bagaimana cara isi informasi pajak pada Google Adsense.

Apa tujuan dan manfaat mengisi informasi pajak di Google Adsense?

Sebelum mengetahui langkah pengisian informasi pajak, mari kita mengetahui terlebih dahulu tujuan dan manfaatnya. Pengisian informasi pajak sangat penting agar Google mengetahui profil Anda sebagai kreator. Sehingga, Google dapat menerapkan perlakuan pajak yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Amerika Serikat (AS). Adapun informasi yang ingin dipastikan oleh Google adalah:

  • Apakah Anda individu atau badan usaha.
  • Apakah Anda warga AS atau bukan.
  • Apakah Anda warga negara mitra pajak AS (Indonesia masuk mitra dari AS).
Baca Juga  Berkat Insentif Pajak Inggris, Ronaldo akan Hemat Rp 22 M

Semua informasi itu akan berpengaruh terhadap penghasilan Anda sebagai youtuber. Bila kreator tidak mengisi informasi pajak, maka Google tidak akan memiliki cukup informasi/bukti untuk pelaporan pajak Google ke otoritas pajak AS, Internal Revenue Service (IRS). Sehingga Google akan memukul rata dan berasumsi bahwa Anda adalah warga AS dan dianggap sebagai subjek pajak dalam negeri.

Padahal, jika Anda warga Indonesia, Anda bisa memanfaatkan tarif pemotongan pajak sampai nol persen sebagai manfaat dari perjanjian kerja sama antara IRS dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Itulah sebabnya penting mengisi informasi pajak.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *