in ,

AS Naikkan Pajak Minimum 20 Persen untuk Orang Kaya

AS Naikkan Pajak Minimum
FOTO: IST

Pajak.com, Amerika Serikat – Presiden Amerika Serikat (AS) Joseph Robinette Biden atau Joe Biden akan naikkan pajak orang kaya dengan tarif minimum 20 persen. Orang kaya yang dimaksud adalah individu dengan kekayaan lebih dari 100 juta dollar AS. Rencana pemerintah AS naikkan pajak minimum sebesar 20 persen itu telah tertuang dalam proposal berjudul “Pajak Penghasilan Minimum Miliarder.”

“Pajak minimum ini akan memastikan bahwa orang Amerika Serikat kaya tidak lagi membayar tarif pajak yang lebih rendah dari guru dan petugas pemadam kebakaran. Pajak minimum baru ini akan menghilangkan kemampuan pendapatan yang belum direalisasi dari rumah tangga dengan kekayaan sangat tinggi untuk tidak dikenai pajak selama beberapa dekade atau generasi,” ungkap pemerintah AS dalam proposal itu, dikutip Senin (28/3).

Baca Juga  Konsensus Pajak Minimum Global Berdampak Positif

Kenaikan pajak ini ditargetkan dapat mengurangi defisit anggaran 2021 sebesar 300 miliar dollar AS–360 miliar dollar AS dalam tahun berikutnya. Defisit terjadi karena pemerintah AS memberikan pelbagai insentif untuk penanganan COVID-19. Berkat insentif itu juga ekonomi AS mampu tumbuh sebesar 5,7 persen di tahun 2021.

Di sisi lain, pemerintah AS menilai, terjadi kenaikan besar pada pendapatan orang kaya AS di tengah pandemi COVID-19 yang justru menghantam bisnis kecil dan kelas menengah.

“Tidak hanya sedikit dukungan ekonomi yang dibutuhkan untuk bisnis di tengah pandemi, tetapi ekonomi yang lebih kuat. Saat ini pendapatan yang lebih tinggi untuk rumah tangga dan bisnis. Karena itu, pemerintah diproyeksikan akan mengumpulkan lebih dari 300 miliar dollar AS pendapatan tambahan dibandingkan tahun lalu,” tulis proposal itu.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0