in ,

Ketegangan Rusia dan Ukraina Berdampak Tipis ke IHSG

Ketegangan Rusia dan Ukraina Berdampak Tipis ke IHSG
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Para analis memproyeksi ketegangan Rusia dan Ukraina tidak akan berimbas terlalu dalam terhadap pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Setidaknya, hal itu tergambar dari pergerakan IHSG yang hanya turun tipis sebesar 0,7 persen ke level 6.888,71 dalam sepekan (periode 21 Februari—25 Februari 2022).

Analis PT CGS-CIMB Sekuritas Peter P Sutedja mengatakan, justru isu perang ini dapat dimanfaatkan oleh investor untuk membeli saham berharga murah. Berdasarkan data BEI, terdapat sejumlah sektor saham yang turun, seperti transportasi dan logistik melemah 4,93 persen, consumer cyclicals 2,25 persen, sektor teknologi 2,13 persen, properti dan real estate 2,07 persen, serta keuangan turun 2,42 persen.

Baca Juga  OJK Beri Izin Investor Lokal untuk Akuisisi Bank Kecil

“Berdasarkan data perang dalam beberapa tahun terakhir, seperti perang Afganistan pada 2001, Yaman 2002, Irak 2003, Pakistan 2004, Libya 2011, Suriah 2014, terungkap bahwa penurunan IHSG hanya berlangsung jangka pendek. Bahkan, dalam enam bulan, IHSG melaju dalam sejumlah perang yang terjadi dalam 20 tahun terakhir itu,” ungkap Peter dalam risetnya yang dikutip Pajak.com, (26/2).

Ia membedah, salah satunya, pada perang Irak tahun 2003 hanya mengakibatkan penurunan IHSG sebesar 0,2 persen dalam sepekan. Sedangkan dalam enam bulan, IHSG justru melonjak 27,5 persen. Begitu pula dengan sejumlah perang di beberapa negara yang terjadi selama 2000—2015 yang tidak berimbas terlalu negatif terhadap IHSG.

Baca Juga  Antler Cari 100 Startup Indonesia untuk Didanai

Berdasarkan riset CGS CIMB Sekuritas, invasi Rusia ke Ukraina akan menguntungkan Indonesia sebagai eksportir energi, khususnya batu bara dan gas. Indonesia juga diuntungkan atas ekspor minyak sawit mentah/crude palm oil (CPO).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0