in ,

Jaga Pertumbuhan, Himbara Akselerasi Penyaluran Kredit

Komitmen senada juga diungkapkan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Royke Tumilaar. BNI siap menyalurkan kredit untuk menjaga pertumbuhan dan program PEN di tahun 2021.

“Pertumbuhan penyaluran kredit perbankan terutama di segmen UMKM (usaha mikro kecil menengah) menjadi salah satu sinyal dari PEN. Di sisi lain, pandemi ini turut mempercepat langkah perbankan untuk meningkatkan layanan digitalnya. Tren positif pertumbuhan transaksi digital perbankan menandakan bahwa ekonomi masyarakat yang semakin berputar,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi mengatakan, penting sekali memprioritaskan penyaluran kredit untuk sektor-sektor usaha yang memiliki peran besar mengatrol pertumbuhan ekonomi, seperti sektor manufaktur. Selain itu, kondisi perbankan di Indonesia cukup kuat dan stabil, terlihat dari capital adequacy ratio (CAR) perbankan pada bulan Mei 2021 yang mencapai 24,3 persen. Kemudian, likuiditas perbankan yang juga tetap terjaga di level 82,77 persen per Mei 2021.

Baca Juga  Insentif Fiskal Untuk Pembangunan Pabrik Pupuk di Papua

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Haru Koesmahargyo menuturkan, akan mengakselerasi PEN dengan fokus pada pembiayaan sektor perumahan. Selama ini sektor perumahan menjadi salah satu lokomotif yang turut serta memulihkan ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19.

”Sektor perumahan memiliki multiplier effect terhadap 174 sub-sektor lainnya dan mendorong pertumbuhan sektor-sektor lain seperti jasa real estate, perdagangan, jasa keuangan dan perbankan,” kata Haru.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *