in ,

Indonesia dan Kanada Tingkatkan Kerja Sama

Indonesia Kanada Kerja Sama
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Indonesia dan Kanada sepakat untuk tingkatkan kerja sama di berbagai bidang termasuk dalam transisi energi. Hal ini disepakati pada pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi dengan Menlu Kanada Melanie Joly, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), (11/4). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menerima kunjungan kehormatan Menlu Kanada Joly bersama delegasi terbatas, di Istana Merdeka, Jakarta. Adapun hubungan diplomatik Indonesia dan Kanada telah berlangsung selama 70 tahun.

“Saya senang kami berdua, baru saja menandatangani rencana aksi Indonesia dan Kanada untuk periode 2022—2025, panduan tentang bagaimana kita akan menavigasi kerja sama dalam empat tahun ke depan. Pada transisi energi, kami berkomitmen untuk mempercepat transisi energi menuju emisi nol bersih. Ini termasuk teknologi sel bahan bakar hidrogen dan pengembangan strategi hidrogen hijau, serta potensi kemitraan antara Carbon Engineering Limited dan PT Pertamina pada Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS),” ungkap Retno dalam konferensi pers secara virtual, (11/4).

Baca Juga  PPKM Darurat, OJK Jaga Stabilitas Sektor Keuangan

Kemudian, kerja sama Indonesia melalui Indonesia Investment Authority (INA) dan Kanada meliputi juga bidang Energi Baru dan Terbarukan (EBT) serta infrastruktur hijau.

“Pada ekstraksi unsur tanah jarang, kami mendukung diskusi prospektif antara PT Timah dan Canada Rare Earth Corporation untuk membuat usaha patungan,” ujar Retno.

Kedua negara juga sepakat meningkatkan hubungan bilateral. Kemenlu mencatat, perdagangan Indonesia dan Kanada meningkat hampir 30 persen pada 2021 atau mencapai 3,12 miliar dollar AS.

“Indonesia dan Kanada membentuk putaran pertama negosiasi CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement/perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif) pada bulan lalu untuk lebih memperkuat perdagangan bilateral. Kami sepakat untuk mengintensifkan negosiasi untuk diselesaikan dalam kerangka waktu yang jelas,” kata Retno.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0