in ,

Frugal Living, Gaya Hidup yang Cocok untuk Anak Muda

Frugal Living, Gaya Hidup yang Cocok untuk Anak Muda
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Apakah kalian pernah mendengar istilah gaya hidup frugal living? Baru-baru ini istilah itu kian populer di tengah generasi milenial. Secara harfiah, frugal living berasal dari kata frugal yang berarti hemat dan living yang maknanya hidup. Dengan demikian, frugal living bisa diartikan sebagai gaya hidup hemat. Frugal living bukan berarti sesorang dalam kesulitan ekonomi. Banyak dari para pesohor dunia yang telah menjalani gaya hidup ini, sebut saja Mark Zuckerberg (pendiri Facebook), Raditya Dika (komika sekaligus penulis), atau Cinta Laura (aktris). Mari kita memahami frugal living secara komprehensif.

Menurut buku “Your Money or Your Life”, cikal bakal tren frugal living bermula dari sebuah gerakan di Amerika Serikat (AS) bernama Financial Independence Retire Early (FIRE) pada tahun 1992, yaitu sebuah gerakan pensiun sebelum usia 40 tahun. Gerakan ini digagas oleh ahli finansial Vicki Robin dan Joe Dominguez.

Baca Juga  OJK Ajak Investor Asing Masuk Pasar Modal Indonesia

Tahun 2007-2008, gerakan FIRE semakin populer akibat terjadinya krisis keuangan AS. Kala itu, masyarakat harus membatasi pengeluaran karena ekonomi serbasulit. Gerakan FIRE akhirnya melahirkan tren hidup sederhana atau frugal living. Beberapa ahli finansial mengatakan, frugal living juga lahir dari sebuah kecemasan akan perilaku konsumtif masyarakat sebagai konsekuensi dari digitalisasi—semua orang dapat menghabiskan uang untuk berbelanja melalui aplikasi dalam hitungan menit. Jika perilaku konsumtif ini dibiarkan, maka akan melahirkan pola hidup masyarakat tanpa tabungan dan berpotensi terlilit utang.

Kecemasan itu berlanjut, barangkali sampai saat ini. Survei di AS menyatakan, bahwa baru 45 persen milenial yang mampu mengelola keuangan berbasis masa depan. Sementara, di Indonesia, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), baru sekitar 38 persen milenial melek perencanaan keuangan untuk hari tua.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *