in ,

Cara Aman dan Praktis Menabung Emas di Rumah

Cara Aman dan Praktis Menabung Emas
FOTO: IST

Cara Aman dan Praktis Menabung Emas di Rumah

Pajak.com, Jakarta – Logam mulia atau emas merupakan salah satu jenis investasi yang mudah dan praktis dilakukan oleh siapa saja. Terlebih, bagi Anda yang memiliki tujuan menengah atau jangka panjang seperti membeli rumah atau untuk menyiapkan dana pendidikan keluarga, investasi emas bisa menjadi salah satu solusi investasi. Menariknya, seiring berkembangnya teknologi, Anda bisa melakukan transaksi jual-beli emas dengan mudah dan praktis. Dalam hal ini, Anda bisa menabung emas digital maupun fisik melalui satu aplikasi di ponsel pintar saja.

Selain itu, investasi emas juga memberikan beberapa keunggulan. Mulai dari bebas bunga dan pajak, dapat menjadi alat tukar, serta mudah mencairkannya. Di sisi lain, emas memiliki nilai yang fluktuatif dalam jangka pendek, namun pada kurun waktu panjang sekitar lima tahun harganya akan cenderung naik.

Maka, tak salah jika emas dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Sebab, nilainya tetap terjaga di tengah kondisi perekonomian dunia yang sering kali tidak stabil. Tidak hanya itu saja, menabung emas juga dapat dilakukan di rumah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara aman dan praktis menabung emas di rumah.
Baca Juga  Pertemuan Jokowi-PM Singapura Hasilkan Investasi

1. Tentukan tujuan menabung

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda saat memutuskan untuk menabung. Beberapa dari mereka memilih aset emas sebagai investasi jangka panjang dalam kurun lebih dari lima tahun. Sebagai contoh, ingin mempersiapkan dana pensiun, biaya sekolah anak maupun untuk menunaikan ibadah haji. Maka, menentukan tujuan tersebut akan memudahkan Anda untuk konsisten dalam menabung emas di rumah.

2. Terus memantau perkembangan harga emas

Dengan memantau perkembangan harga emas di rumah, dipercaya akan memudahkan Anda untuk memperkirakan jumlah keseluruhan aset investasi di masa depan. Selain itu, Anda juga dapat memantau perkembangan harga emas dan menjadikannya acuan untuk menyusun strategi demi tercapainya target keuangan.

Di sisi lain, Anda juga dapat mengetahui pergerakan emas tersebut secara on-line. Sebab, harga emas umumnya berubah berdasarkan kondisi ekonomi dunia.

3. Memilih aplikasi investasi emas yang tepat

Memilih aplikasi investasi merupakan cara menabung emas di rumah yang harus dilakukan sebelum melakukan pembelian. Melalui aplikasi, Anda dapat melakukan transaksi logam mulia kapan saja dan di mana saja hanya dengan smartphone.

Pastikan untuk memilih penyedia layanan investasi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Setelah melakukan pembelian, Anda dapat menyimpan emas dalam bentuk digital maupun mencetak kartu fisiknya sesuai nominal atau gramasinya.

4. Menentukan tempat penyimpanan

Anda dapat menyimpan logam mulia tersebut pada brankas atau safety box.Jika merasa hal tersebut masih kurang aman, Anda bisa menyimpan emas tersebut pada safe deposit box (SDB) yang disediakan oleh bank.Tentunya ada biaya yang perlu dikeluarkan saat Anda memilih cara tersebut, namun cara ini relatif lebih aman.

5. Menyimpan dengan pengaman berlapis

Ketika Anda memilih untuk menyimpan emas di rumah, lakukan antisipasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Berikan pengaman yang berlapis pada tempat penyimpanan logam mulia milik Anda, seperti memberikan gembok dan memasukkan ke dalam lemari.

6. Investasi emas digital

Melakukan investasi secara digital merupakan tips menabung emas yang praktis dan aman. Melalui aplikasi, Anda dapat membeli logam mulia dengan modal kecil. Bahkan, sudah mulai bermunculan perusahaan yang menyediakan pelayanan investasi emas digital memiliki tempat penyimpanan aman dan dengan biaya murah, dan beberapa di antaranya memberikan secara gratis.

7. Konsisten menabung

Tips terakhir adalah konsisten menabung dalam periode tertentu. Anda harus ingat tujuan dari investasi tersebut dan target pencapaiannya. Dengan menabung secara konsisten, Anda akan dapat memenuhi kondisi finansial dan mencairkan logam mulia yang disimpan saat telah mencapai target.

Baca Juga  BI: Bisnis Makanan Halal Menjanjikan Saat Pandemi

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *