in ,

BEI: Transaksi Pasar Modal Cetak Rekor Baru Sejak 1992

Ia mengakui, pandemi COVID-19 telah menghadirkan tantangan bagi ekonomi dan pasar modal Indonesia. Kendati begitu, BEI terus berupaya melakukan penyesuaian secara signifikan untuk menjamin keberlanjutan pasar, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan operasional, edukasi dan sosialisasi pasar modal.

“Hasilnya sangat membanggakan. Di tengah tantangan tersebut kita bisa mencapai hasil-hasil yang sangat baik, salah satunya dalam hal penambahan jumlah investor, perusahaan tercatat, maupun aktivitas perdagangan,” kata Inarno.

BEI mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan CMSE 2021. Inarno berharap, kegiatan yang diselenggarakan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini dapat meningkatkan edukasi dan literasi pasar modal kepada investor.

“Kegiatan CMSE 2021 dapat membuat masyarakat melihat bahwa investasi di pasar modal dapat dijangkau semua pihak. Diharapkan, semakin banyak masyarakat yang menghadiri kegiatan ini, likuiditas pasar modal Indonesia akan lebih baik lagi,” tambahnya.

Baca Juga  Menguntungkan Investasi Reksa Dana, Emas, atau Kripto?

Di kesempatan yang sama, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pasar modal Indonesia memiliki peran yang sangat vital dalam mendorong kemajuan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam dekade terakhir tidak terlepas dari dukungan pasar modal, terutama pada fungsinya sebagai penyedia dana untuk pembangunan,” kata Luhut.

Ia mencatat, dari sisi permintaan, jumlah investor yang meliputi investor saham, reksa dana, dan obligasi di pasar modal sampai dengan 30 September 2021 jumlahnya mencapai 6,43 juta investor. Jumlah itu meningkat 66 persen dibandingkan akhir akhir tahun 2020 atau hampir naik lima kali lipat sejak tahun 2017.

“Angka ini secara umum didominasi oleh investor retail yang proporsinya mencapai 90 persen dari total keseluruhan investor. Meningkatnya partisipasi investor retail yang mayoritas merupakan investor domestik, merupakan pencapaian yang membanggakan sekaligus tidak disangka-sangka,” kata Luhut.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0