in ,

BCA Salurkan KUR Rp 20 M untuk Usaha “Laundry”

BCA Salurkan KUR Rp 20 M
FOTO: Dok. BCA

BCA Salurkan KUR Rp 20 M untuk Usaha “Laundry”

Pajak.com, Jakarta – Komitmen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam mendorong pertumbuhan perekonomian nasional dengan cara memperkuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus berjalan. Keberpihakan BCA terhadap UMKM ini kembali tecermin dari komitmen salurkan kredit usaha rakyat (KUR) yang bernilai hingga Rp 20 M untuk para pengusaha bisnis laundry.

EVP Commercial dan SME BCA Freddy Iman mengungkapkan, bisnis laundry merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan untuk segmen UMKM.

“BCA percaya dengan memperluas akses modal kepada para pengusaha bisnis ini dapat mendorong industri ini terus berkembang sekaligus mendukung geliat UMKM yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional,” ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Pajak.com pada Kamis (23/03).

Baca Juga  Penyelenggaraan ASOMM Sepakati ASEAN sebagai Pusat Industri Hilirisasi Mineral

Ia menambahkan, BCA menggandeng PT MLC Indonesia dan PT Triton Internasional dalam program penyaluran KUR ini. Selain itu, BCA juga menggandeng BCA Multifinance untuk mendukung kelancaran operasional penyaluran KUR.

“Fokus dari KUR ini adalah menyediakan akses kredit bagi masyarakat dalam menjalani bisnis penatu, namun kerap terkendala oleh modal. Dalam program ini, perseroan memberikan limit KUR sebesar Rp 10 miliar kepada PT MLC Indonesia dan Rp 10 miliar kepada PT Triton Internasional. Kredit tersebut diharapkan dapat diserap oleh para pengusaha laundry terutama untuk menyediakan mesin cuci yang berkualitas,” tambah Freddy.

Lebih lanjut, Freddy menyampaikan bahwa kerja sama BCA dengan PT Triton Internasional dan PT MLC Indonesia diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat dalam membuka pintu akses permodalan yang lebih luas kepada UMKM khususnya yang bergerak di jasa laundry.

Sebagai informasi, PT Triton Internasional merupakan distributor resmi peralatan mesin cuci Maytag di Indonesia yang beroperasi sejak 2009. Sementara itu, PT MLC Indonesia adalah distributor resmi mesin cuci komersial LG di Indonesia yang juga penggagas konsep coin laundry dan self-service laundry di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 2017.

Baca Juga  Sri Mulyani Apresiasi Komitmen Investasi IFC 9,6 Miliar dollar AS

Ia pun menyampaikan bahwa sepanjang 2022, portofolio pembiayaan keuangan berkelanjutan BCA mencapai Rp 183,2 triliun, tumbuh 14,9 persen secara year on year (yoy). Capaian tersebut berkontribusi 25,4 persen terhadap total kredit disalurkan oleh BCA.

“Dari nominal tersebut, pembiayaan UMKM mencapai 55,8 persen. Sementara itu, penyaluran KUR sepanjang 2022 meningkat hingga 134 persen yoy,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pengembangan Bisnis BCA KCU Alam Sutera Augustina juga mengatakan bahwa selain memberikan akses permodalan terhadap UMKM, pihaknya berharap penyaluran KUR ini juga dapat membuka lapangan kerja secara tidak langsung dalam industri laundry ini.

“Sebagai bagian dari perbankan nasional, kami senantiasa berkomitmen mendukung pengembangan UMKM sebagai salah satu pilar perekonomian bangsa,” ujarnya.

Baca Juga  IMI dan Jakpro Persiapkan KEK Otomotif di Pulomas

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *