in

KemenkopUKM Gandeng WWF Indonesia, Perkuat Bisnis

KemenkopUKM Gandeng WWF Indonesia
FOTO: Dok.Kemenkopukm.go.id

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menggandeng World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia untuk memperkuat ekosistem bisnis berkelanjutan dan ekonomi hijau agar terus melaju. Sekretaris KemenKopUKM Arif Rahman Hakim mengungkapkan, kerja sama tersebut merupakan tindak nyata kolaborasi untuk mewujudkan pelaku koperasi dan Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) yang berbasis keberlanjutan dan terintegrasi dalam upaya pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kerja sama ini diharapkan dapat memfasilitasi penguatan kelembagaan ekosistem bisnis bagi koperasi dan UMKM,” ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (30/06).

Ia menambahkan, kerja sama tersebut menyangkut pendampingan UMKM untuk peningkatan kualitas produk usaha, mendukung ekonomi sirkular yang memberdayakan masyarakat, inovatif, serta melindungi alam dan lingkungan hidup.

Baca Juga  Wamenkeu Tegaskan Indonesia Dukung Reformasi Kebijakan Ekonomi Hijau di CFMCA Laos

“Saya meyakini ini karena WWF banyak melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM. Jadi, kerja sama ini akan lakukan lebih intensif lagi,” tambahnya.

Arif menjelaskan bahwa terdapat beberapa program strategis KemenKopUKM yang dapat disinergikan dengan eksistensi WWF Indonesia. Diantaranya, menumbuhkan legalitas usaha bagi UMKM, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi produk, dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula program membangun ekosistem dan tata kelola UMKM agar terhubung ke dalam rantai pasok industri, baik nasional maupun global. Kemudian, terkait program pengembangan wirausaha muda dan produktif yang tumbuh dari kampus-kampus perguruan tinggi, hingga pendataan UMKM (by name, by address).

Baca Juga  Mengenal 5 Jenis Budaya Kerja

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *