in ,

“Tips” Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 44

seleksi kartu prakerja
FOTO : IST

“Tips” Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 44

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 44 pada pekan ini. Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dari pemerintah yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, atau para pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bagi Anda yang berminat,  berikut ini ulasan singkat cara daftar, juga tips agar lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 44.

Jika mengacu berdasarkan perhitungan dari gelombang-gelombang sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 44 diprediksi akan dibuka pada Minggu (4/9/22). Biasanya, pembukaan gelombang baru berjarak 2-3 hari setelah pengumuman hasil seleksi gelombang sebelumnya. Seperti diketahui, hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 43 sudah diumumkan pada Jumat (2/9/2022) lalu. Artinya, paling cepat pada Minggu (4/9/2022) Kartu Prakerja gelombang 44 akan dibuka dan selambat-lambatnya pada Senin (5/9/2022).

Untuk mendaftar Kartu Prakerja gelombang 44, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs www.prakerja.go.id. Buatlah akun melalui menu pendaftaran dengan mengisi alamat email, username dan password jika belum pernah mendaftar atau lakukan login jika sudah memiliki akun.

Baca Juga  IMF: Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Turun

Lakukan verifikasi KTP dengan mengisi Nomor Induk kependudukan (NIK/KTP), nomor Kartu Keluarga (KK). Masukkan tanggal lahir sesuai KTP lalu klik “Lanjut”. Jangan lupa mengaktifkan pengaturan lokasi dengan mencentang ikon map di samping ikon gembok di addrerss bar atau dasbor alamat situs. Di sana akan ada pernyataan “Izinkan dashboard.prakerja.go.id mengakses lokasi Anda? Klik pada menu izinkan. Ini akan menjadi metadata administrator untuk mencocokkan lokasi Anda.

Selanjutnya, lengkapi data diri, seperti nama lengkap sesuai KTP, nama ibu kandung, status bekerja, status perkawinan, pendidikan terakhir, topik pelatihan yang diminati, jenis kelamin, jumlah tanggungan keluarga, alamat sesuai KTP, dan alamat tempat tinggal. Klik  menu “Lanjut” hingga Anda dibawa ke proses selanjutnya, yakni verifikasi KTP dengan mengunggah foto KTP dan foto diri dengan diambil langsung dari kamera ponsel.

Lakukan verifikasi nomor ponsel lalu klik “Kirim”. Anda akan mendapatkan kode one time password (OTP) lewat pesan singkat dari HP. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan, lalu klik “Verifikasi”.

Baca Juga  Taksi Terbang EHang 216 Uji Coba di Bali

Setelah itu, isilah “Pernyataan Pendaftar” lalu klik “Oke”. Lakukan tahapan tes motivasi dan kemampuan dasar dengan memilih menu “Mulai Tes”. Ikutilah tes tersebut sampai selesai. Hasil, tes ini akan dievaluasi oleh tim seleksi Kartu Prakerja.

Pilihlah gelombang yang sesuai dengan domisili Anda, lalu klik “Gabung”. Setelah itu akan muncul persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Jika sudah sesuai maka klik “Saya Menyetujui”. Nantinya akan ada notifikasi yang masuk melalui SMS dan email setelah penutupan gelombang tentang lolos tidaknya.

Agar Anda lolos Program Kartu Prakerja, pertama, pastikan semua data-data terisi sesuai KTP dengan mencantumkan nomor HP yang masih aktif untuk verifikasi. Saat mengunggah foto KTP, lakukan dengan cermat. Teliti dulu apakah hasil fotonya buram, berbayang atau tidak fokus. Keterbacaan foto KTP ini sangat menentukan.

Kedua, pahamilah bahwa dalam pendaftaran Kartu Prakerja, ada beberapa pekerja yang dikecualikan untuk mendaftar. Mereka yang termasuk dalam kategori itu adalah pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara (BUMN), atau badan usaha milik daerah (BUMD), bahkan TNI Polri. Kalau Anda masuk dalam kategori dikecualikan tersebut lebih baik urungkan niat mendaftar.

Baca Juga  BI dan BNM Perluas Kerja Sama QRIS Antarnegara

Ketiga dan tak kalah penting,  peminat Kartu Prakerja akan selalu diminta untuk mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar, sebelum mendaftar untuk mengikuti gelombang seleksi. Tes ini untuk mengenali kompetensi dan potensi Anda, jadi berusahalah dengan kemampuan terbaik Anda. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Sebagai tambahan informasi, pada 1 Agustus 2022 lalu, penyelenggara Kartu Prakerja memperkenalkan fitur baru di dasbor situs resmi Program Kartu Prakerja. Namanya Liveness. Fitur ini menjadi syarat verifikasi pendaftaran Kartu Prakerja.  Ada dua syarat yang wajib verifikasi swafoto menggunakan fitur Liveness. Pertama, calon penerima yang sebelumnya gagal verifikasi muka. Kedua, calon penerima yang baru mendaftar. Langkah ini akan muncul setelah Anda unggah foto KTP.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0