in ,

Tips Bekerja Magang untuk Perkembangan Karir

Tips Bekerja Magang untuk Perkembangan Karir
FOTO: IST

Tips Bekerja Magang untuk Perkembangan Karir

Pajak.com, Jakarta – Bekerja magang memiliki banyak keuntungan. Selain bisa untuk memperkaya portofolio agar lebih berpeluang diterima saat melamar pekerjaan, magang juga membuat Anda bisa kenal dan terjun langsung dengan dunia profesional. Berikut ini tujuh tips bagi Anda yang ingin magang untuk memaksimalkan pengalaman Anda dan mengembangkan karier Anda.

Tips saat bekerja magang untuk perkembangan karir.

1. Pilih bidang pekerjaan sesuai bidang minatmu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih perusahaan atau institusi yang sesuai dengan bidang pekerjaanmu. Misalnya Anda seorang yang minat di bidang desain tata ruang, pilih perusahaan arsitektur. Atau misalnya Anda lebih suka bidang akuntansi keuangan maka Anda bisa memilih perusahaan yang menyediakan jasa akuntan publik. Usahakan memilih perusahaan yang bonafid semisal Deloitte, Ernst & Young Indonesia, dan lainnya.

2. Pelajari budaya dan aturan institusi

Sebelum mendaftar di perusahaan yang sesuai dengan bidang Anda, sebaiknya Anda mencari informasi yang mendalam mengenai karakteristik perusahaan yang akan dijadikan tempat Anda magang. Mulai dari budaya kerja perusahaan, nilai-nila perusahaan, cara berpakaian karyawannya, bahkan jika diperlukan cari tahu informasi mengenai karakter pemimpinnya. Anda bisa mencari tahu semua hal itu lewat kanal-kanal resmi perusahaan, seperti website, sosial media resmi mereka atau kenalan yang pernah bekerja di sana atau lewat ulasan dari beberapa situs.

3. Pelajari dan kuasai bidang pekerjaan
Mempelajari dan menguasai bidang pekerjaan dalam industri yang akan didalami sangat penting. Dengan begitu Anda jauh lebih mengetahui tentang perusahaan dan terlihat sebagai pribadi yang self-starter atau berinisiatif tinggi. Sebab, pengetahuan lebih yang Anda pelajari ini akan memudahkan komunikasi dua arah tentang pekerjaan. Dan yang tak kalah penting, hindari merasa lebih paham dari karyawan tetap yang sudah di perusahaan itu.

4. Jadilah pribadi yang aktif dan berinisiatif

Jika Anda bisa menjadi pribadi yang aktif dan inisiatif, ini akan menjadi nilai lebih di mata Anda di mana Anda magang. Misalnya, jika sudah selesai mengerjakan sebuah tugas, segera beritahukan kepada atasan tentang pekerjaan apa lagi yang bisa dikerjakan. Jangan sungkan juga menyuarakan ide-ide segar Anda saat Anda dilibatkan dalam diskusi atau rapat-rapat membahas tugas Anda. Gunakan waktu di kantor dengan baik dan hindari menggunakan media sosial berlebihan, terlebih saat bekerja.

5. Jalin relasi

Selain mendapat ilmu baru, dengan magang Anda juga mendapat kesempatan untuk membangun relasi serta jaringan baru. Manfaatkanlah kesempatan itu baik-baik. Relasi sangat penting untuk menuju kesuksesan. Selalu jaga sikap ramah kepada semua orang, baik sesama karyawan magang, dengan karyawan tetap, hingga para manajer.

6. Jaga “attitude”

Sikap atau attitude juga sangat menentukan nasib Anda ke depan. Semakin Anda dikenal dengan citra positif, semakin banyak pula rekomendasi untuk Anda ditawarkan posisi sebagai karyawan tetap. Untuk itu, usahakan selalu menjaga sikap saat magang. Menghargai senior Anda dan berikan respons positif kepada orang-orang sekitar. Jangan bersikap arogan atau tak acuh dengan lingkungan. Selain itu, Anda juga harus selalu bersikap jujur. Saat Anda tidak mengerti dengan pekerjaan yang diberikan, katakan dengan jujur dan jangan sungkan bertanya. Saat Anda melakukan kesalahan, minta maaf dan akuilah kemudian tidak mengulanginya.

7. Selalu disiplin

Salah satu menjaga profesionalitas Anda adalah dengan kedisiplinan yang Anda jaga. Jangan pernah terlambat ke kantor atau meeting. Kerjakan juga tugas sesuai tenggat waktu yang sudah ditentukan. Jika Anda disiplin, maka Anda patut dipertimbangkan untuk menjadi pegawai tetap.

Baca Juga  Pertamina NRE Kembangkan PLTS di Sumatera Utara

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *