in ,

Tip Pemasaran Digital untuk UMKM

“Persaingan ketat pasti. Masalahnya adalah bagaimana usahawan dapat membangun story telling yang standout dari kompetitor dan menciptakan emotional bonding dengan konsumen, sehingga loyalitas konsumen dapat meningkat,” ujar Tuhu.

Menurut CEO Qasir Michael Williem, pelaku usaha mikro yang akan menjalani usaha on-line akan lebih mudah dengan memulai penjualannya di media sosial maupun marketplace. Namun, mereka juga perlu mempertimbangkan risiko apa saja yang dihadapinya, di samping peluang dan benefit yang didapat jika hanya mengandalkan kedua media tersebut untuk pemasaran.

Michael mengatakan, ada beberapa manfaat sekaligus risiko dari media sosial dan marketplace yang dapat menjadi pertimbangan agar semakin siap dan strategis ketika memulai bisnis on-line. Manfaatnya misalnya, melalui platform sosial media atau marketplace, UMKM bisa mulai hanya dengan mengikuti instruksi yang tersedia. Seperti mengisi data diri dan kelengkapan data usaha, memuat gambar produk dan layanan, menuliskan deskripsi singkat dari layanan yang dimiliki, dan berinteraksi secara real-time dengan konsumen. Khusus di media sosial, UMKM juga dapat membangun dan meningkatkan brand awareness-nya melalui unggahan yang tidak hanya bersifat promosi tetapi juga konten-konten edukatif, informatif, dan menghibur yang berkaitan dengan jenis bisnisnya.

Baca Juga  Kemenkeu Satu Jateng Asistensi UMKM Lapor SPT

Namun demikian, Michael mengingatkan, UMKM juga harus waspada akan ancaman kejahatan siber yang mengintai data pribadi. Kemungkinan adanya pencurian identitas maupun produk dan layanan yang disalahgunakan bisa dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

“Misalnya, secara langsung maupun tak langsung kompetisi yang tidak sehat membuat kompetitor Anda berusaha untuk menyerang privasi dan menjual informasi yang Anda miliki. Hal ini tentunya dapat merugikan konsumen maupun usahawan dan keberlangsungan bisnis ke depannya,” tutur Michael.

Ditulis oleh

Baca Juga  KADIN Optimistis Hasil Putusan MK Beri Kepastian bagi Dunia Usaha

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *