in ,

Telkom Resmikan “Data Center” neuCentrlX di Lampung

Telkom Resmikan “Data Center” neuCentrlX
FOTO: IST

Telkom Resmikan “Data Center” neuCentrlX di Lampung

Pajak.com, Lampung – PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) resmikan data center neuCentrlX Tanjung Karang di Lampung. Langkah ini merupakan upaya Telkom dalam mengakselerasi eksplanasi layanan data center di Sumatera.

Direktur Wholesale and International Service Telkom Bogi Witjaksono menjelaskan, fasilitas data center yang dimiliki neuCentrIX bisa digunakan untuk setiap pelaku industri digital, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

” Setiap pelaku industri digital, baik dari dalam dan luar negeri, kita bukakan pintu dan fasilitas untuk bergabung bersama neuCentrIX. Kami mengajak kepada seluruh pelaku industri digital untuk bersama survive di tengah kehadiran OTT (over the top) dengan semangat tumbuh bersama melalui data center netral yang didukung dengan infrastruktur konektivitas ke content, internet exchange, CDN (content delivery network) hingga tercapai kemandirian digital,” jelas Bogi dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com, (26/8).

Dengan adanya neuCentrIX Tanjung Karang, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kualitas telekomunikasi dan ekosistem informasi dan teknologi (IT) di wilayah Lampung.

Baca Juga  Pemerintah dan WRI Indonesia Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nikel

“Telkom berupaya hadir lebih dekat dengan masyarakat untuk memberikan pengalaman terbaik menggunakan internet kecepatan tinggi dan akses produk digital melalui pembangunan data center di 23 lokasi yang tersebar di 17 kota besar di Indonesia. Sebelumnya, Telkom juga meresmikan komersialisasi neuCentrIX di Palembang. Sehingga saat ini telah berdiri lima data center wilayah Sumatera, yaitu di kota Medan, Batam, Pekanbaru, dan Palembang,” kata Bogi.

Pada kesempatan yang sama, EVP Telkom Regional I Area Sumatera Djatmiko menyampaikan, 30 persen rack neuCentrIX Tanjung Karang ini telah terisi.

“NeuCentrIX Tanjung Karang telah dibangun dengan menerapkan kriteria 3S (simple, standard, dan secure). Untuk itu, kami meminta dukungan dan kerja sama seluruh stakeholder neuCentrIX ini agar disiplin menjaga kualitas 3S. Karena data center menunjukkan respons positif dari ekosistem digital area Lampung sekitarnya terhadap kehadiran neuCentrIX kelima di Pulau Sumatera,” ujar Djatmiko.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Telkom menargetkan pembangunan data center di 23 lokasi yang tersebar di 17 kota besar di Indonesia. Adapun per Juni 2023, Telkom mempunyai 30 data center. Rinciannya, 25 data center ada di Indonesia dan lima lainnya ada di luar negeri, seperti di Singapura, Hong Kong, dan Timor Leste.

Telkom mencatat, data center dan could telah membukukan pendapatan sebesar Rp 837 miliar sepanjang semester I-2023.

Secara umum, Telkom akan terus menjalankan komitmen untuk bertransformasi menjadi digital telco terdepan. Sejak beberapa tahun ke belakang, Telkom fokus menggarap kompetensi dan kapabilitasnya di bisnis digital dengan melalui tiga pilar utama, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Di pelbagai kesempatan berbeda, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi digital berperan sebagai salah satu tulang punggung digitalisasi Indonesia harus selalu berinovasi dan berkolaborasi demi mewujudkan ekosistem digital yang merata di masa depan.

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

“Membangun infrastruktur telekomunikasi yang kuat dan kompetitif tidak hanya semata-mata untuk memenuhi permintaan pasar dan konsumen yang semakin membutuhkan konektivitas dan mobilitas yang tinggi, tetapi lebih luas daripada itu, yakni sebagai upaya untuk memperkuat integritas Indonesia sebagai sebuah negara. Karena Telkom meyakini bahwa digitalisasi dapat membawa Indonesia untuk melompat jauh, sehingga mampu sejajar dengan negara maju lainnya,” kata Erick.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *