in ,

Sinergi BI-KemenkopUKM Rilis Pusat Wastra Nusantara

Doni mengatakan, melalui pembinaan yang dilakukan dari hulu hingga hilir, terintegrasi, dan bersinergi dengan stakeholders serta otoritas terkait, BI senantiasa berupaya untuk mendorong pengembangan 179 UMKM wastra dari seluruh Indonesia, untuk dapat menghasilkan produk bernilai tinggi dan mendorong akses pasar melalui berbagai pameran dan kegiatan seperti Karya Kreatif Indonesia dan juga PWN.

“Dari sisi pembiayaan, berdasarkan data terakhir Juni 2021 untuk kredit UMKM telah menunjukkan sinyal positif dengan pertumbuhan sebesar 2,35 persen, lebih tinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya,” kata Doni.

Ia juga memastikan, BI senantiasa berupaya mendukung sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal bagi UMKM juga masyarakat melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai standar sistem pembayaran QR Code di Indonesia.

Baca Juga  Adira Finance Pertumbuhan Pembiayaan Tumbuh 30%

“Hingga minggu ke-3 Juli 2021 terdapat 8,1 juta merchant yang terdaftar menggunakan QRIS dan 86 persennya merupakan UMKM,” ucapnya.

Di sisi lain, Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata menambahkan, hadirnya PWN di Smesco sudah sangat sejalan dengan agenda Smesco sebagai pusat layanan UKM. Tak hanya itu, lanjut Leonard, PWN memperkaya khasanah Smesco sebagai center of excellence yang saat ini memiliki program Sparc Campus untuk mempersiapkan generasi UKM masa depan menghadapi tantangan revolusi industri 4.0—dengan menerapkan standar baru dalam proses penciptaan produk dan karya inovatif khas Indonesia.

“Diharapkan Pusat Wastra Nusantara akan menjadi episentrum kebangkitan ekonomi bagi pelaku UMKM kain tradisonal dan pelibatan desainer milenial yang akrab dengan dunia digital akan menghasilkan sasaran cakupan konsumen yang kita sasar akan lebih global,” ujar Leonard.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0