in ,

Saham Coca-Cola Anjlok karena Cristiano Ronaldo

Saham Cola-Cola Anjlok Rp 57 Triliun karena Cristiano Ronaldo
FOTO :IST

Pajak.com, Portugal – Kapitalisasi saham perusahaan minuman bermerek Coca-Cola anjlok hingga 4 miliar dollar AS atau setara Rp 57 triliun (asumsi kurs Rp 14.298) pada perdagangan di Bursa New York, Selasa (15/6). Sementara harga saham ikut terkoreksi 1,74 persen atau turun menjadi 410,56 dollar AS per saham dari 417,70 dollar AS per saham. Hal itu terjadi setelah pesepakbola asal Portugal Cristiano Ronaldo memindahkan botol Coca-Cola dari pandangannya saat konferensi pers Liga Eropa.

Kejadian itu bermula dari Ronaldo tiba di ruang media menjelang pertandingan melawan Hungaria. Pemain penyerang itu duduk sembari memindahkan dua botol minuman produksi The Coca-Cola Company ke satu sisi. Ronaldo kemudian mengangkat satu botol air mineral dan menunjukkannya pada media. “Agua (air),” kata Ronaldo ke arah kamera sembari tersenyum.

Baca Juga  UMKM Merupakan Pilar Penting Dalam Perekonomian

Momentum itu viral di jagat media sosial dan mempengaruhi keputusan investor untuk bertransaksi saham di bursa Negeri Paman Sam. Berdasarkan data Marketwatch, saham Coca-Cola masih menurun hingga 1,07 dollar AS dari level tertinggi selama Juni, yakni menjadi 56,48 dollar AS, pada Rabu (16/6). Analis saham yakin, tren ini adalah buah dari sikap Ronaldo. Sebab para pesaingnya, seperti Nestle mengalami kenaikan harga saham 0,83 persen menjadi 127,77 dollar AS; PepsiCo Inc naik 0,01 persen menjadi 148,58 dollar AS.