in ,

Pers Berperan Tumbuhkan Optimisme untuk Hadapi Tantangan Nasional

Pers Berperan Tumbuhkan Optimisme
Foto: Dok. Biro Humas Kemenkominfo

 Pers Berperan Tumbuhkan Optimisme untuk Hadapi Tantangan Nasional

Pajak.com, Medan – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan, Indonesia mampu menghadapi tantangan di tahun 2022 dengan baik dibandingkan banyak negara di dunia. Menurutnya, keberhasilan tersebut turut disokong oleh peran insan Pers Berperan Tumbuhkan Optimisme di kalangan masyarakat.

“Berbagai tantangan di tahun 2022 yang lalu telah kita lalui dengan baik dibandingkan dengan banyak negara di dunia. Mulai dari penanganan pandemi COVID-19, keberhasilan Presidensi G20 yang mendapat apresiasi dari para pemimpin dunia, masyarakat domestik, hingga keberhasilan resiliensi melalui leadership yang kuat dari Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi),” ungkapnya dalam Konvensi Nasional Media Massa sebagai rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa, Medan, Sumatera Utara, dikutip Pajak.com pada Kamis (09/02).

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

Ia menambahkan bahwa semua capaian itu memungkinkan pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2022 lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Pertumbuhan ekonomi nasional kita mencapai 5,1 persen kumulatif (c-to-c) lebih tinggi dibandingkan capaian tahun 2021 sebesar 3,7 persen. Di saat tahun yang begitu berat pun kita mempunyai hasil pertumbuhan ekonomi nasional cukup tinggi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Johnny menegaskan bahwa pencapaian tersebut turut didukung oleh iklim demokrasi yang tentunya didukung oleh pilar demokrasi yaitu oleh pers, dan media. Hal itu berlangsung melalui penyebaran informasi yang akurat. Disamping itu, media pers dan jurnalisme juga memiliki peran yang sangat krusial dalam mengatasi persoalan baik global maupun nasional dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

“Misalnya, hasil riset World Health Organization (WHO) yang menyebut peran pers dalam memengaruhi persepsi masyarakat, yakni menghilangkan rasa takut, memegang kendali dalam proses produksi dan diseminasi informasi terkini terkait penelusuran pencegahan penyebaran COVID-19, promosi protokol kesehatan, bahkan memengaruhi proses pembuatan dan pengambilan kebijakan-kebijakan publik seiring dengan kemajuan teknologi,” jelasnya.

Atas berbagai pencapaian itu, Menkominfo mendorong kepada semua pihak agar tetap menggelorakan sikap optimisme di tahun 2023 dalam menghadapi tantangan selanjutnya. Terlebih lagi perekonomian Indonesia diprediksi oleh lembaga dunia terus bertumbuh.

“Optimisme dengan penuh kewaspadaan karena persoalan dunia belum berakhir. Namun, optimisme itu juga diteropong, dilihat, dianalisis oleh lembaga-lembaga dunia. Seperti International Monetary Fund (IMF) memprediksi perekonomian Indonesia akan tumbuh sebesar 4,8 persen. Lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi global di kisaran 2,9 persen. Bahkan, kita bersama meyakini tahun 2023 ini pertumbuhan ekonomi nasional kita akan di atas 5,1 persen,” pungkasnya.

Baca Juga  Wamenkominfo Soroti Urgensi Perlindungan Data Pribadi dan Privasi

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *