in ,

Pemerintah Luncurkan Program Wirausaha Merdeka

Pemerintah Luncurkan Program Wirausaha
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Untuk menekan tingkat pengangguran terdidik, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta Kementerian Keuangan tahun ini telah meluncurkan program Wirausaha Merdeka yang diselenggarakan di 17 kampus. Universitas Prasetiya Mulya, sebagai salah satu pelaksana program, membuka kesempatan bagi mahasiswa dari universitas lain dari seluruh Indonesia untuk bergabung mengikuti program tersebut.

Seperti diketahui, data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, tingkat pengangguran di Indonesia pada tahun ini mencapai 5,83 persen, atau sekitar 8,40 juta orang dari total penduduk usia kerja yang mencapai 208,54 juta orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 13,17 persen di antaranya, atau sekitar 1,2 juta orang merupakan pengangguran terdidik alias mereka yang bergelar diploma dan sarjana.

Baca Juga  Membangun Strategi Digital Marketing di Era Media Sosial

Ketua Program Wirausaha Merdeka Universitas Prasetiya Mulya Hesti Maheswari menyampaikan, tingginya tingkat pengangguran terdidik di Indonesia itu terjadi akibat kurang terasahnya keterampilan wirausaha para mahasiswa di Indonesia. Akibatnya, ketika tidak mendapatkan pekerjaan atau keluar dari pekerjaan karena terkena Pemutusan Hubungan Pekerjaan (PHK), mereka menganggur.

“Kami dipercaya pemerintah untuk melakukan transfer knowledge ilmu bisnis yang ada pada kurikulum Universitas Prasetiya Mulya kepada mahasiswa dari kampus lain. Karena itu kami berharap jumlah peserta dari kampus lain jumlahnya lebih banyak dari peserta asal Universitas Prasetiya Mulya,” ujar Hesti dalam keterangan tertulis, Rabu (27/7/22).

Menurut Hesti, melalui program ini para peserta akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari perkuliahan ilmu bisnis gratis selama satu semester di Universitas Prasetiya Mulya, akses terhadap purwarupa model bisnis untuk mereka jalankan termasuk modalnya, hingga program bimbingan dari para ahli di kampus dan praktisi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0