in ,

OJK Siapkan Regulasi Ekosistem Ekonomi Digital

Menurutnya, perkembangan digitalisasi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh hadirnya satu decacorn, tujuh unicorn, dan menjamurnya startup di dalam negeri. Merger Tokopedia dan Gojek menjadi GoTo diharapkan bisa memperkuat ekosistem digital nasional.

“Dengan perkembangan startup, aksi marger Tokopedia dan Gojek, maka diperkirakan valuasi ekonomi digital nasional akan terus meningkat mencapai 124 miliar dollar AS pada 2025 dan 315,5 miliar dollar AS pada 2030,” kata Johnny.

Selain itu, kehadiran sektor jasa keuangan digital juga tidak kalah berkembang pesat. Hal itu dapat dilihat dari bertumbuhnya platform financial technology (fintech). Sektor ini bertumbuh pada tahun 2020 dengan nilai investasi mencapai 180 juta dollar AS, yang terbagi atas insurance accounting (38 persen), finance dan accounting (5 persen), alternative lending (25 persen), dan payment (32 persen).

Baca Juga  Berikut Kriteria Penerima Subsidi Upah Rp 1 Juta

“Pemerintah akan memperkuat basis pendanaan platform fintech yang mendorong ekspansi pemanfaatan masyarakat. Data Agustus 2021, tercatat layanan fintech lending mencapai 27,2 juta masyarakat Indonesia,” kata Johnny.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0