in ,

OJK Luncurkan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan

Selain itu, cetak biru mengedepankan juga aspek balance dan technology neutral. Aspek balance untuk mendorong inovasi perbankan dengan memerhatikan aspek prudensial sehingga tetap menjaga kinerja perbankan. Sementara aspek technology neutral agar industri perbankan lebih fleksibel dalam menerapkan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Heru mengungkapkan bahwa Cetak Biru Transformasi Digital perbankan memiliki tiga karakteristik mendasar.

Pertama, menganut konsep principle based. Hal ini memberikan aturan dalam bentuk prinsip-prinsip umum (guiding principle) untuk memberikan ruang bagi industri untuk berkembang.

Kedua, pendekatan facilitative. Cetak biru disusun untuk memfasilitasi dan mendorong inovasi digital tanpa mengabaikan prinsip kehati-hatian, dan Ketiga, living document.

“Saya tidak membayangkan ternyata kondisi sebelumnya sulit dipahami banking is need but bank is not. Pernyataan Bill Gates (pendiri Microsoft) itu dalam dua dasawarsa sekarang akan jadi kenyataan dengan hadirnya disrupsi teknologi yang munculkan pemain baru di keuangan, seperti fintech yang memberikan layanan yang ditawarkan bank tanpa perlu kehadiran secara fisik. Ini perlu kita cermati, saya juga sangat mencermati sehingga ini alasan kenapa kita dukung adanya transformasi perbankan di era digital,” kata Heru.

Baca Juga  Raih Investasi 270 Miliar, Eden Farm Bangun Ekosistem

Sebelum meluncurkan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan, komitmen OJK dalam mendorong hal ini telah dituangkan dalam beberapa kebijakan, antara lain Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia 2021-2025 (MPSJKI) Pilar 3 serta Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia 2020-2025 (RP2I) Pilar 2. Rumusan ini telah mengarahkan perbankan untuk melakukan akselerasi dengan tetap menerapkan tata kelola dan manajemen risiko teknologi informasi yang memadai.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *