in ,

Menkeu: Tiga Sektor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Tiga Sektor Pendorong pertumbuhan ekonomi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, mesin pertumbuhan ekonomi mulai didorong dari tiga sektor penting. Menkeu beberkan tiga sektor pendorong pertumbuhan ekonomi itu adalah sisi konsumsi rumah tangga, investasi dalam bentuk berbagai macam ekspansi kapasitas, dan juga dari sisi sektor eksternal seperti aktivitas ekspor.

Artinya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak lagi menjadi tumpuan utama untuk menjaga pertumbuhan, melainkan sebagai shock absorber atau peredam.

“Ini yang tentunya menggembirakan karena pertumbuhan ekonomi sekarang tidak tergantung lagi hanya dari sisi APBN. Bahkan APBN sekarang mulai bergeser menjadi instrumen untuk menjaga shock, tapi bukan sebagai lokomotif utama pertumbuhan ekonomi. Karena sekarang mesin pertumbuhan sudah mulai menyala pada sisi konsumsi, investasi, dan ekspor,” kata Sri Mulyani pada Konferensi Pers APBN KiTa, dikutip Pajak.com, Jumat (24/6).

Baca Juga  KKP Siapkan Program Unggulan untuk Tingkatkan Investasi

Secara umum, ia menjabarkan kalau APBN menunjukkan pemulihan di tengah ketidakpastian situasi global karena ditopang oleh Purchasing Managers Index (PMI) yang ekspansif, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang menguat, serta tumbuhnya sektor konsumsi—khususnya pada konsumsi listrik industri dan bisnis.

Secara detail, neraca perdagangan bulan Mei 2022 masih mencatatkan surplus 2,90 miliar dollar AS dengan akumulasi hingga Mei 2022 mencapai 19,79 miliar dollar AS. Ekspor bulan Mei mengalami surplus 21,5 miliar dollar AS, relatif melemah dibandingkan bulan sebelumnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *