in ,

Menkeu: Kampanye Beli Kreatif, UMKM Mampu Bangkit

Menkeu: Kampanye Beli Kreatif UMKM Mampu Bangkit
FOTO: Sri Mulyani

Pajak.com, Jakarta – Dengan diluncurkannya kampanye Beli Kreatif Danau Toba, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap UMKM tak hanya mampu bangkit dari badai, tetapi juga mampu melejit selepas pandemi.

“Seperti kita ketahui bahwa perekonomian kita dalam situasi pandemi ini banyak sekali yang harus ikut berkontribusi, bergotong-royong untuk memulihkan kembali, dan salah satunya yang paling penting adalah bagaimana mendukung usaha kecil menengah agar mereka tidak saja bisa bertahan, namun juga bisa bangkit kembali dan lebih kuat,” kata Sri Mulyani melalui keterangan tertulis kepada awak media, pada Senin (22/2).

Menurutnya, kampanye Beli Kreatif Danau Toba banyak efek ganda, salah satunya memantik kunjungan wisata di kawasan Danau Toba. Demi mengoptimalkan potensi dan peluang, secara khusus Sri Mulyani mendorong pemerintah daerah untuk melakukan aneka inovasi.

Baca Juga  LinkAja dan Pemprov Bengkulu Gencarkan Transaksi Digital

“Dan tentu dalam hal ini Pemerintah Daerah bisa ikut menyumbangkan (kontribusinya) agar para pelaku tidak hanya menjadi penonton tetapi mereka menjadi riil pelaku yang bisa memanfaatkan momentum dan mengedepankan berbagai kegiatan ekonomi baik itu tourism dan juga dari sisi ekonomi kreatif,” tambahnya.

Di sisi lain, pemerintah akan terus mendukung dari sisi anggaran. Seperti diketahui, sejak tahun 2020 melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 173,17 triliun untuk UMKM dan korporasi. Anggaran disalurkan berupa subsidi bunga kredit, bantuan langsung tunai dari Presiden Joko Widodo, subsidi listrik, dan sebagainya. Adapun realisasinya sebesar Rp 112,44 triliun. Kemudian, anggaran PEN untuk UMKM dan korporasi berlanjut di tahun 2021 sebesar Rp 187,17 triliun.

Baca Juga  Kemenperin Dukung Pengembangan Teknologi IKM

“Melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) berbagai macam dukungan pemerintah lakukan untuk UMKM,” tambah Sri Mulyani.