in ,

Luhut: Perubahan Iklim Sumber Ketidakpastian Ekonomi

Dari aspek infrastruktur EBT, pemerintah bakal membangun supergrid pada 2025 untuk menghubungkan sumber pembangkit EBT dengan daerah yang permintaan listriknya tinggi. Hal ini dilakukan karena kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Namun, terkait rencana pensiun dini PLTU, sebagai strategi phasing down batu bara, total ada 5,1 GW yang ditargetkan pensiun sebelum 2030, membutuhkan investasi besar, yakni sekitar 8,58 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 123 triliun. Di samping itu, pemerintah mengembangkan carbon cap, trade, dan pajak untuk menahan peningkatan emisi gas rumah kaca dan mengubah perilaku ekonomi,” tambah Luhut.

Secara simultan, Indonesia berkomitmen mengajak seluruh negara untuk bekerja sama melawan dampak perubahan iklim dan menjaga keberlanjutan lingkungan dengan aksi nyata. Salah satunya, melalui Global Blended Finance yang nantinya akan digelar di Bali pada April 2022. Forum ini diselenggarakan menyambut kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Forum Global Blended Finance akan mendukung keberlanjutan lingkungan, kesehatan, serta digital.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

“Dalam kesempatan itu, Indonesia juga ingin berbagi (pengalaman) pengembangan ekosistem kebijakan yang telah membawa perbaikan dalam pengelolaan hutan lestari selama lima tahun kebelakang. Saat ini kita punya hutan dengan luas 120 hektare yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan hutan tropis terbesar ketiga di dunia. Kita telah melakukan penyelesaian masalah perkebunan kelapa sawit di kawasan hutan. Pemerintah juga sudah berupaya mencegah dan merehabilitasi hutan melalui perbaikan pada kebijakan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Pada tahun 2020, kebakaran hutan di Indonesia menurun secara signifikan, turun sampai 82 persen dari tahun sebelumnya,” ungkap Luhut.

Ditulis oleh

Baca Juga  Presiden Jokowi Serukan Aksi Komprehensif dalam Memerangi TPPU

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *