in ,

Jokowi “Groundbreaking” Kawasan Industri Hijau di Kaltara

Di sisi lain, pembangunan kawasan industri hijau juga akan menciptakan kurang lebih 100 ribu tenaga kerja. Sedangkan saat beroperasi diperkirakan akan membutuhkan lebih dari 200 ribu tenaga kerja—belum termasuk tenaga kerja yang diperlukan oleh industri turunan dari produk yang dihasilkan.

“Saya meminta ini kepada para menteri, gubernur, dan bupati. Persiapan SDM (sumber daya manusia) dalam mendukung kawasan industri ini. Karena ini membutuhkan SDM-SDM yang memiliki kualifikasi yang baik. Siapkan mulai sekarang,” kata Jokowi.

Selain itu, KIHI akan memberikan pendapatan kepada negara berupa pajak atau nonpajak, sehingga akan memperbaiki neraca transaksi berjalan Indonesia.

“Ini akan memperbaiki nanti kalau ekspor neraca perdagangan kita yang sudah bertahun-tahun kita tidak bisa menyelesaikan dan tentu saja devisa akan masuk banyak kepada negara kita,” kata Jokowi.

Baca Juga  Pemerintah dan WRI Indonesia Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nikel

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap lahan yang akan dibuat KIHI ini merupakan milik Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sekaligus Ketua Konsorsium Indonesia Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir.

“Jujur, tadinya kami tidak mengerti siapa yang memiliki tanah ini. Setelah kami meninjau daerah ini dan mengirimkan tim, baru menemukan bahwa yang memiliki tanah adalah Pak Boy Thohir. Tidak ada pilihan lain pak (presiden), karena semua tanah di kawasan ini yang paling menarik adalah daerah ini. Jadi mungkin rezekinya Pak Boy Thohir juga,” kata Luhut.

Turut hadir juga dalam kegiatan groundbreaking, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Konsorsium Indonesia Garibaldi Thohir, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, dan Bupati Bulungan Syarwani.

Baca Juga  8 Poin Penting dalam Proses Pengajuan Izin Usaha

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *