in ,

Jokowi Bertemu ADB Bahas Pembiayaan Transisi Energi

Jokowi Bertemu ADB Bahas Pembiayaan Transisi Energi
FOTO: ADB dan Jokowi

Pajak.com, Jakarta – Pimpinan Asian Development Bank (ADB) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan Bogor, (18/2). Pertemuan itu membahas beberapa isu terkini, utamanya terkait dukungan ADB terhadap pengembangan transisi energi di Indonesia.

Adapun pimpinan ADB itu, yakni President ADB Masatsugu Asakawa, Executive Director Representing Indonesia Arif Baharudin, Country Director ADB Indonesia Resident Mission Jiro Tominaga. Sementara Jokowi didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Menurut Suharso, pihak ADB menyatakan dukungannya terhadap pembiayaan dalam hal transisi energi serta pembiayaan lainnya pada sejumlah proyek yang sedang berjalan.

“Karena ada 14 proyek hari ini dan sudah cukup lama, 55 tahun, ADB bersama Indonesia. Bapak Presiden Jokowi juga memaparkan mengenai hilirisasi industri yang tengah dilakukan oleh pemerintah. Indonesia yakin, jika hilirisasi industri akan bisa memberikan nilai tambah ekspor sekaligus memperbaiki neraca transaksi berjalan Indonesia. Tadi Bapak Presiden menyampaikan, yang kita bisa peroleh 1 berbanding 20, dari 1,1 miliar dollar AS menjadi 20,1 miliar dollar AS hanya karena satu aturan, bagaimana kita tidak mengekspor dalam bentuk bahan mentah, tetapi dalam bentuk barang-barang jadi,” ungkap Suharso dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.com, (19/2).

Baca Juga  Pegadaian Bangun The Gade Creative Lounge

Selain itu, Presiden Jokowi juga memaparkan kinerja ekonomi Indonesia yang pada kuartal IV-2021 sudah berada di atas 5 persen. Menurut Suharso, Pihak ADB pun memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2021 itu.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0