in ,

Jokowi Bertemu ADB Bahas Pembiayaan Transisi Energi

“Meskipun full year pada tahun lalu (pertumbuhan ekonomi) 3,7 persen tapi itu sudah bagus dan dipuji oleh ADB, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk yang amazing kata beliau (pimpinan ADB). Di sisi lain, presiden juga menyampaikan perkembangan terkini terkait dengan COVID-19 di Indonesia, bahwa Indonesia adalah negara keempat di dunia yang sukses melakukan vaksinasi dan sudah mencapai di atas 330-an juta yang divaksinasi. Padahal kita adalah negara yang tidak memproduksi vaksin,” ujar Suharso.

Terkait energi transisi, Indonesia berkomitmen untuk mewujudkannya. Dalam peta jalan transisi energi yang dipaparkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia ditargetkan mencapai bauran energi baru dan terbarukan (EBT) sebesar 23 persen di tahun 2025. Di akhir 2021, bauran dari EBT telah mencapai sekitar 11,7 persen. Untuk mencapai target ini telah disahkan peraturan menteri terkait pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap yang ditargetkan akan menambah 3,6 Gigawatt (GW) pada tahun 2025. Pemanfaatan tenaga surya dipilih karena Indonesia merupakan negara tropis, sehingga banyak daerah yang memiliki radiasi matahari yang maksimal.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Dengan demikian, mulai 2035 pembangkit listrik akan didominasi variable renewable energy (VRE) dalam bentuk tenaga surya, diikuti tenaga angin dan arus laut pada tahun berikutnya. Kemudian, hidrogen akan dimanfaatkan secara gradual mulai 2031 dan secara masif pada 2051. Lalu, tenaga nuklir akan masuk dalam sistem pembangkitan mulai tahun 2049.

Secara simultan, rencana itu diiringi dengan membangun supergrid untuk meningkatkan konektivitas kelistrikan, yaitu transmisi baru antarsistem dan antarpulau untuk membagi sumber EBT yang dimiliki suatu daerah. Sebagai contoh, Kalimantan Utara akan dihubungan dengan Sumatera dan Sulawesi. Selain itu, suplai listrik dari Nusa Tenggara yang memiliki sumber energi surya, dapat dihubungkan ke Sulawesi dan Kalimantan.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *