in ,

Indonesia Siapkan Bantuan Tahap Kedua untuk Palestina Rp 31,9 M

Bantuan Tahap Kedua untuk Palestina
FOTO: Setkab RI

Indonesia Siapkan Bantuan Tahap Kedua untuk Palestina Rp 31,9 M

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah melalui Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yakni Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau Indonesian Agency for International Development (Indonesian AID) menyiapkan bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk Palestina dengan anggaran sebesar Rp 31,9 miliar atau setara dengan 2 juta dollar Amerika Serikat (AS).

“Nantinya kita kirim dalam bentuk kebutuhan medis berupa obat-obatan dan alat-alat kesehatan yang sekarang ini sangat dibutuhkan oleh warga Palestina, terutama di Jalur Gaza. Dukungan dari masyarakat internasional, termasuk dari Indonesia sangat dibutuhkan oleh negara tersebut akibat ketegangan Israel-Palestina yang kian memanas,” ungkap Direktur Utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com (7/11).

Berdasarkan data yang dirilis the United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA), konflik Israel dan Palestina membuat lebih dari 9.000 korban tewas. Kemudian, lebih dari 22.911 warga di Gaza dan 2.281 warga di Tepi Barat mengalami luka-luka sehingga membutuhkan pertolongan medis secepatnya.

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

“Bantuan kemanusiaan tahap kedua ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia untuk membantu Palestina, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melepas bantuan batch pertama pada 4 November 2023 di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta berupa 51,5 ton bantuan yang berasal dari pemerintah, pelaku dunia usaha, lembaga swadaya, dan berbagai unsur masyarakat lainnya,” ujar Tormarbulang.

Adapun pengiriman bantuan tahap pertama yang telah di bawa ke Palestina menggunakan tiga pesawat itu berisi bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya.

Ia menegaskan, dukungan Indonesia tersebut merupakan representasi seluruh elemen bangsa. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri, dan masyarakat terus berkolaborasi menghimpun berbagai jenis bahan bantuan.

Baca Juga  Jaga Ekonomi Nasional, Wamenkeu Beberkan Strategi Hadapi Konflik Timur Tengah 

“Pemerintah Indonesia diketahui telah banyak berperan aktif dalam kerja sama pembangunan internasional, termasuk menaruh perhatian besar pada isu-isu kemanusiaan dan perdamaian. Dalam hal ini, APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) menjadi menjadi salah satu instrumen penting dalam mewujudkan cita-cita nasional bangsa, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” pungkas Tormarbulang.

Hal senada juga ditegaskan Presiden Jokowi. Ia memastikan bahwa Indonesia akan terus bersama dalam perjuangan bangsa Palestina.

“Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina. Pengiriman bantuan tahap kedua untuk Palestina sedang dalam proses persiapan. Pengiriman bantuan ini merupakan wujud solidaritas Indonesia terhadap bangsa Palestina serta kepedulian bangsa Indonesia terdapat kemanusiaan,” tegas Jokowi.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

Sementara itu, perwakilan dari Bulan Sabit Merah Mesir Mahmoud Gamaal menyampaikan, pihaknya bekerja 24 jam menerima bantuan yang datang ke Mesir dari seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia.  Bulan Sabit Merah Mesir akan terlebih dahulu memilah bantuan berdasarkan prioritas sebelum dikirimkan ke Gaza.

“Kami memberikan prioritas-prioritas dan diantara prioritas yang sangat dibutuhkan sekarang adalah bantuan medis,” ungkap Gamaal.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *