in ,

Indonesia Kekurangan 600 Ribu SDM Ekonomi Digital

Di kesempatan yang sama, Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek) Nizam mengatakan, kampus mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan SDM di bidang ekonomi digital. Saat ini sekitar 20 persen kampus di Indonesia sudah mempunyai program studi teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) dengan jumlah total mahasiswa yang mencapai sekitar 1 juta orang.

“Jadi setiap tahun, ada lulusan sekitar 100 ribu mahasiswa yang siap pakai di industri teknologi informasi. Namun jumlah itu masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan teknologi informasi. Karena itu, kampus harus mempunyai strategi khusus untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa agar bisa siap pakai,” kata Nizam.

Menurut Nizam, kampus sudah mempunyai sejumlah strategi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang TIK, antara lain kampus menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi.

Baca Juga  Mendagri Dorong Pemda Percepat Realisasi Belanja

“Kampus internasional juga sudah melakukan pertukaran mahasiswa atau riset bersama. Dan yang tidak kalah penting adalah kampus memaksa mahasiswa untuk menciptakan produk yang inovatif,” kata Nizam.

Dosen University of Technology Sydney Diep Nguyen mengatakan, pengembangan SDM di sektor ekonomi digital bukan lagi dibutuhkan untuk masa depan, namun diperlukan di masa kini. Oleh karena itu, harus dipersiapkan juga tenaga pengajar yang mumpuni agar dapat melahirkan SDM unggul di bidang teknologi.

“Karena itu, guru, dosen dan juga tenaga pengajar lainnya harus meningkatkan kemampuan digital mereka. Pengembangan ekonomi digital memerlukan rencana jangka panjang. Maka itu, salah satu solusinya adalah pembelajaran secara terus menerus. Kampus dapat membuka kelas pelatihan tentang ekonomi digital. Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan skill atau kemampuan, contohnya memahami tentang blockchain yang saat ini tengah naik daun,” kata Diep Nguyen.

Baca Juga  Operasi Kilang Pertamina Cilacap Normal Pasca Kebakaran

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *