in ,

GDI Buka Peluang UKM Ekspor ke Pasar Global

GDI Buka Peluang UKM Ekspor ke Pasar Global
FOTO : IST

Pajak.comJakarta – Kementerian Perdagangan RI melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) terus mendorong perekonomian bangsa melalui pertumbuhan ekspor nonmigas, salah satunya melalui peningkatan kapasitas ekspor bagi pelaku usaha, kecil, dan menengah (UKM).

Direktur Jenderal PEN Kasan mengatakan, selain menargetkan pertumbuhan ekspor nonmigas, Kementerian Perdagangan juga diamanatkan untuk mencetak 1.500 UKM ekspor per tahun.

“Sejumlah langkah strategis yang dilakukan antara lain dengan memfasilitasi kemudahan pembiayaan UKM ekspor, memfasilitasi promosi dan digitalisasi UKM ekspor, mengintegrasikan database UKM ekspor, dan menggelar program kolaborasi mencetak eksportir baru,” katanya pada keterangan pers, Jumat (26/2).

Program kolaborasi mencetak eksportir baru ini diejawantahkan melalui penyelenggaraan Good Design Indonesia (GDI), sebuah ajang apresiasi dan penghargaan tahunan prestisius terhadap produk yang memiliki keunggulan desain kemasan, standar, sertifikasi, maupun brand.

Bersinergi dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan JETRO, penganugerahan predikat GDI menargetkan produk-produk desain yang diikutsertakan oleh UKM dan desainer telah memenuhi kriteria unggul, yaitu mampu bersaing di pasar global.

Baca Juga  Pemerintah Segera Bentuk Bursa Kripto

Kasan menyampaikan, UKM dan desainer diharapkan dapat berpartisipasi dan menampilkan desain produk unggulan lebih banyak lagi, agar mendorong pemulihan ekonomi Indonesia dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk mencapai target kinerja ekspor nonmigas Indonesia sebesar 6,3 persen tahun ini.

Di kesempatan yang sama, President Director of Japan External Trade Organization (JETRO) Jakarta Keishi Suzuki menjelaskan, GDI dapat berkontribusi sebagai sarana promosi desain produk ekspor Indonesia sekaligus untuk meningkatkan daya saing perusahaan kecil dan menengah.

“Peran JETRO dalam mendukung GDI adalah mempercepat kolaborasi bisnis produk desain antara Indonesia dan Jepang,” ungkap Suzuki.

Mengusung tema “Bringing Natural, Sustainable, and Local Talent to Global Market”, GDI yang berlangsung pada 7 Januari hingga 31 Maret 2021 ini akan mengakomodasi 20 kategori di antaranya Healthcare & Sanitary; Medical Equipment, Manufacturing & Working Facilities; Public Facility and Landscape; serta Media, Content, and Packaging.

Baca Juga  Kementerian KP Larang (Lagi) Ekspor Benur

Semua desain di masing-masing kategori ini nantinya akan dikurasi oleh tim juri yang terdiri atas sembilan juri Indonesia dan satu juri asal Jepang. Pemenang GDI tentunya akan mendapat keuntungan akses yang lebih luas ke kancah global, dan peluang bisnis nan menjanjikan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0