in ,

Facebook Berganti Nama Jadi Meta, Begini Filosofinya

Facebook Berganti Nama Jadi Meta, Begini Filosofinya
FOTO: IST

Pajak.com, Amerika Serikat – Facebook Inc resmi mengganti nama menjadi Meta, di acara Facebook Connect 2021, pada (28/10). Menurut pendiri Facebook Mark Zuckerberg, pergantian nama perusahaan induk yang juga menaungi Instagram dan WhatsApp ini adalah untuk mencerminkan tujuan besar yang tengah dibangun perusahaan, lantas apa filosofi dari nama Meta?

Zuckerberg mengatakan, kata ‘meta’ berasal dari bahasa Yunani yang artinya beyond, yang jika diterjemahkan berarti lebih jauh, melewati, atau bisa juga melebihi. Kemudian, istilah Metaverse berasal dari sebuah fiksi ilmiah berjudul The Metaverse Primer yang ditulis Matthew Ball. Menurut Ball, “Metaverse adalah jaringan ekspansif yang gigih, dunia tiga dimensi yang di-render secara real time dan simulasi yang mendukung kontinuitas identitas, objek, sejarah, pembayaran dan hak, dan juga bisa dirasakan secara sinkron oleh jumlah pengguna yang tak terbatas.”

Baca Juga  Cara Bikin HRD Terkesan saat Wawancara Kerja

Kemudian, secara sederhana, Facebook memaknai Metaverse sebagai kumpulan ruang virtual di mana Anda bisa membuat dan mengeksplorasi secara bersama.

“Perubahan nama untuk mencerminkan siapa kami dan apa yang kami bangun. Seiring berjalannya waktu, saya harap kami terlihat sebagai perusahaan Metaverse. Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk, sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan,” kata Zuckerberg seperti dikutip Reuters, pada (29/10).

Kendati demikian, Zuckerberg memastikan, perubahan nama menjadi Meta tidak akan mengubah struktur perusahaan. Raksasa teknologi dengan 2,9 miliar pengguna itu juga tidak mengubah nama produk media sosial yang ada di bawah Meta. Artinya, nama Facebook masih akan tetap digunakan, begitu pula dengan Instagram atau WhatsApp.

Baca Juga  Gaji Diri Sendiri di Era Digitalisasi

“Facebook adalah merek media sosial yang ikonik. Cara kami berpikir adalah bahwa kami merupakan perusahaan yang membangun teknologi untuk membantu orang terhubung satu sama lain. Kami pikir itu membuat kami berbeda dari perusahaan lain karena semua orang mencoba untuk bagaimana orang berinteraksi dengan teknologi, di mana kami membangun teknologi sehingga orang dapat berinteraksi satu sama lain,” kata Zuckerberg.

Perubahan nama perusahaan menjadi Meta juga akan mengubah kode saham di bursa. Nama saham yang semula berkode FB akan diganti menjadi MVRS pada 1 Desember 2021 mendatang.

“Kami juga bermaksud untuk memulai perdagangan di bawah ticker saham baru yang telah kami pesan, MVRS, pada 1 Desember. Pengumuman hari ini tidak memengaruhi cara kami menggunakan atau membagikan data,” kata Zuckerberg.

Baca Juga  Raih Dana Rp 101 Miliar, Mangkokku Siap Ekspansi Masif

Perubahan nama Facebook senada dengan yang dilakukan oleh Google pada tahun 2015. Kala itu, Google melakukan restrukturisasi dengan mendirikan Alphabet Inc sebagai perusahaan dengan kedudukan yang lebih tinggi. Lalu, ada pula Snapchat berganti nama menjadi Snap Inc pada 2016.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *