in ,

Ekspor Impor Indonesia dan India Tetap Berjalan

Ekspor Impor Indonesia dan India Tetap Berjalan
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan India tetap berjalan. Meskipun saat ini India sedang melakukan karantina kesehatan akibat lonjakan penderita Covid-19. Dengan demikian, ekspor untuk tujuan India tetap berjalan seperti biasa.

“Secara umum tidak ada kendala dalam kegiatan fasilitasi ekspor impor antara Indonesia dan India. Protokol kesehatan diterapkan untuk mencegah warga negara asing masuk, termasuk India. Namun, hal ini tidak mengganggu kelancaran bongkar muat barang,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/04).

Selain itu, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Didi Sumedi juga menjelaskan, beberapa waktu lalu terjadi kendala karantina kapal di pelabuhan bongkar muat Dumai, Provinsi Riau yang melayani jasa pelayanan laut, curah cair, dan peti kemas. Menurutnya, pelabuhan Dumai merupakan salah satu pelabuhan dengan terminal curah air terbesar di Indonesia. Di tengah pandemi Covid-19, Dumai tetap menjadi pelabuhan umum yang tertinggi dalam pengapalan Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya di Indonesia.

Baca Juga  Lippo Karawaci Libatkan Mitra Strategis dalam Menerapkan ESG

Menanggapi hal tersebut, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan memastikan bahwa proses karantina di seluruh pelabuhan muat hanya dilakukan terhadap anak buah kapal, awak kapal dan bukan terhadap kapal dan muatan.

“Kebanyakan ekspor RI ke India saat ini lebih banyak terkait produk likuid/cair yang perpindahannya lebih banyak melalui saluran pipa, jadi sangat minimal keterlibatan orang,” jelas Didi.

Ditulis oleh

Baca Juga  Menparekraf Ungkap 5 Strategi Pemerintah Gaet Musisi Kelas Dunia

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *