in ,

Catat Tanggalnya! “Talkshow” Kopi dan Kompetisi Manual Brew di AOE 2024

Catat Tanggalnya! “Talkshow” Kopi dan Kompetisi Manual Brew di AOE 2024
FOTO: APKASI 

Catat Tanggalnya! “Talkshow” Kopi dan Kompetisi Manual Brew di AOE 2024

Pajak.com, Jakarta – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) akan menghadirkan talkshow mengenai kopi dan Kompetisi Manual Brew, dalam arena pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024, di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 10 – 12 Juli 2024. Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang menuturkan, acara ini digelar untuk mendukung perkembangan industri kopi di tanah air. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar ke-3 di dunia.

“Negara kita yang berada di wilayah tropis tentu memiliki keuntungan geografis sehingga banyak dikenal daerah-daerah penghasil kopi. Untuk itu, Apkasi yang mengayomi 416 pemerintah kabupaten ini memiliki tanggung jawab moral untuk ikut memajukan industri kopi nasional,” ungkap Sarman dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com(5/7).

Daerah penghasil kopi itu mayoritas mengikuti ajang pameran AOE 2024. Secara konsep, pameran AOE 2024 akan mempertemukan pemerintah daerah yang memiliki komoditas unggulan kopi kepada pembeli dan investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Harapannya akan terjadi kesepakatan bisnis dan bisa mengakses ke pasar yang lebih luas lagi,'” imbuh Sarman.

Tema “Talkshow” Kopi dan Teknis Kompetisi Manual Brew 

Ia menyebutkan, talkshow dalam AOE 2024 mengusung tema ‘Bagaimana Kiat Sukses Menjadi Pengusaha Kopi’. Sementara teknis penyelenggaraan Kompetisi Manual Brew, semua bahan kopinya akan diambil dari para peserta pameran AOE 2024. Keduanya merupakan bagian acara NguliKopi.

Baca Juga  Apkasi Gabungkan Pelaksanaan APN dan AOE 2024

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakkan suasana pameran, karena banyak pesertanya adalah daerah penghasil kopi, sehingga ini akan terjalin sinergi dan relevansinya. Kemudian, menggugah generasi muda untuk bisa memaksimalkan potensi kopi melalui berbagai kreativitas, sehingga industri kopi ini bisa lebih berkembang lagi. Sebagai negara penghasil kopi terbesar ke-3 dunia, tentunya kita berharap manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak pihak,” jelas Sarman.

Ia pun mengutip data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) yang menyatakan bahwa produksi kopi global mencapai 170 juta kantong per 60 kilogram (kg) kopi pada periode 2022 – 2023. Dari jumlah produksi itu, Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar ke-3 dunia setelah Brazil dan Vietnam.

“Indonesia telah memproduksi kopi sebanyak 11,85 juta kantong, terdiri dari memproduksi kopi arabika sebanyak 1,3 juta kantong dan kopi robusta sebanyak 10,5 juta kantong,” ungkap Sarman.

Hal itu seirama dengan data yang menunjukkan, produksi kopi di Indonesia cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Menurut laporan Statistik Indonesia 2023 dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kopi Indonesia mencapai 794,8 ribu ton pada 2022 atau meningkat sekitar 1,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pendaftaran Mengikuti “Talkshow” Kopi dan Kompetisi Manual Brew pada AOE 2024

Sarman memastikan, acara ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya pendaftaran. Cara mengikuti kegiatan talkshow kopi dan Kompetisi Manual Brew di AOE 2024 pun sangat mudah. Calon peserta hanya mendaftarkan diri dengan melakukan scan barcode pada e-flayer yang tertera di Instagram Apkasi (@apkasi).

“Kompetisi akan berlangsung setiap hari selama pameran berlangsung 3 hari. Sebagai apresiasi, nantinya para pemenang dalam kompetisi ini akan diberikan sertifikat dan uang pembinaan,” jelasnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *