in ,

Cara Temukan “Passion” Agar Lebih Mudah Menata Karier

Cara Temukan “Passion” dalam Karier
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kita kerap mendengar motivasi atau nasihat yang berbunyi, ‘sebaiknya bekerja sesuai passion’. Sebab menjalani apapun dengan passion hasilnya dapat jauh lebih optimal dan melahirkan kebahagiaan tersendiri. Menemukan passion sedini mungkin juga memudahkan individu menentukan bidang kompetensi yang akan ditekuni, karier pun dapat lebih terencana dan terarah. Namun, bagi sebagian orang, menemukan passion bukan perkara mudah. Untuk itu, berikut cara untuk temukan passion, yang Pajak.com himpun dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Sebelumnya, mari kita mengenal terlebih dahulu definisi dan tipe passion. Menurut J Vallerand (profesor bidang psikologi), passion adalah gairah yang besar untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting. Sementara, menurut Nur Agustinus dalam buku “Startup Mindset Fokus Menjadi Entrepreneur Sesuai Passion”, passion merupakan gairah serta semangat menggebu untuk mencapai sebuah tujuan, keinginan besar, maupun kesiapannya untuk menderita demi mencapai tujuan.

Baca Juga  Pembukaan Mal Diharapkan Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Passion dibagi menjadi dua tipe, yakni: 

  • Passion harmoni

Passion harmoni merupakan hal yang positif karena gairah yang lahir seirama dengan aktivitas atau pekerjaan yang ditekuni, sehingga tidak ada konflik dalam diri. Passion harmoni akan membuat individu bahagia, senang, dan timbul rasa cinta. Contohnya, apabila Anda menjadikan hobi sebagai pekerjaan atau sumber pendapatan.

  • Passion obsesi

Passion obsesi merupakan semangat yang dipengaruhi oleh faktor eksternal. Misalnya, Anda melakukan aktivitas atau pekerjaan hanya untuk mendapatkan gaji karena demi menafkahi keluarga. Berbeda dengan passion harmoni yang membuat Anda bahagia, passion obsesi berpotensi membuat Anda tidak bahagia karena kerap kali pekerjaan itu bertentangan dengan prinsip hidup.

Baca Juga  Indonesia Tampilkan Potensi Parekraf di Dubai

Berikut cara menemukan “passion” diri agar lebih mudah menata karier:

1. Mengingat hal yang membuat bahagia

Bila Anda masih bingung dengan passion yang ada dalam diri, mulailah untuk mengingat hal yang membuat bahagia. Rumusnya, bila yang Anda lakukan dapat membuat selalu merasa bahagia, bersemangat, dan senang, maka bisa jadi di situlah passion kita.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0