in ,

Bukalapak-Standard Chartered Luncurkan BukaTabungan

Sejatinya, BUKA bukan satu-satunya e-commerce yang merambah bisnis layanan bank digital. Gojek dan Tokopedia (GoTo) sudah terlebih dahulu terhubung ke ekosistem bank digital dengan berkolaborasi bersama PT Bank Jago Tbk (ARTO). Selanjutnya, induk perusahaan Shopee, Sea Limited (Sea Grup), juga telah menjadi pemegang saham PT Bank Kesejahteraan Ekonomi atau dikenal dengan Bank BKE—bank yang tengah merintis bisnis bank digital.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendrata mengungkapkan, kolaborasi adalah kata kunci untuk bisa memajukan industri perbankan. Belakangan tren kerja sama antara bank, fintech, e-commerce semakin kuat. Sehingga keduanya dinilai mampu memberikan keuntungan masing-masing industri.

“Di era new normal, persaingan tidak harus ditanggapi secara head to head atau dengan sendiri-sendiri. Kolaborasi adalah kuncinya untuk mampu memaksimalkan manfaat digitalisasi bagi semua pihak. Kemitraan fintech dan bank akan menciptakan ekosistem yang memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah jauh lebih baik,” kata Filianingsih.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

BI memprediksi prospek keuangan digital akan positif hingga akhir 2025. Hal itu didorong oleh peningkatan preferensi dan penerimaan masyarakat, kinerja e-commerce, dan layanan pembayaran terus diperluas oleh bank maupun finetch.

Transaksi e-commerce pada 2021 diperkirakan meningkat 48,4 persen dibandingkan tahun lalu dengan nilai transaksi mencapai Rp 395 triliun. Kemudian, uang elektronik juga diharapkan tumbuh  35,7 persen atau mencapai Rp 278 triliun pada 2021 karena adanya ekspansi e-commerce, logistik, dan ekosistem pembayaran digital. Sementara transaksi digital banking diperkirakan meningkat 30 persen atau mencapai Rp 35.600 triliun.

“Menghadapi kondisi ini, diperlukan sistem pembayaran untuk menyeimbangkan optimalisasi inovasi dan harus memitigasi risiko,” jelas Filianingsih.

Baca Juga  Sri Mulyani Pastikan Hadir di Sidang Sengketa Pilpres

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

195 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *