in ,

Bonus Atlet Peraih Medali SEA Games Rp 275 M

Bonus Atlet Peraih Medali SEA Games
FOTO: IST

Bonus Atlet Peraih Medali SEA Games Rp 275 M

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, Pemerintah Indonesia akan memberikan bonus sebesar Rp 275 miliar kepada seluruh atlet peraih medali pada perhelatan SEA Games ke-32 di Kamboja. Sri Mulyani menegaskan, penyerahan bonus atlet ini berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Saya pastikan, APBN #UangKita akan terus hadir untuk mendukung sektor olahraga Indonesia,” ujarnya dalam akun Instagram resmi, dikutip Pajak.com (17/5).

Ia mengungkapkan, APBN juga mendukung penuh kontingen Indonesia sebelum berlaga pada beragam cabang olahraga pada SEA Games ke-32. Hal ini diberikan dalam bentuk dana bagi program pembinaan atlet sebelum berlaga dalam acara olahraga/multi-event internasional sebesar Rp 522 miliar. Kemudian, pemerintah juga menyalurkan dana senilai Rp 55,2 miliar untuk bantuan pengiriman kontingen menuju SEA Games Kamboja ke-32.

Baca Juga  Pelaku Judi “On-line” Diberikan Bansos? Ini Klarifikasi Jokowi

“Penyaluran ini dilakukan melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah kepemimpinan Menteri Dito Ariotedjo,” ungkap Sri Mulyani.

Adapun anggaran untuk Kemenpora dalam APBN 2023 adalah sebesar Rp 2,53 triliun atau meningkat dari tahun sebelumnya Rp 1,94 triliun. Anggaran tahun ini dialokasikan untuk program dukungan manajemen Rp 319 miliar, pendidikan melalui program kepemudaan dan keolahragaan Rp 710,33 miliar, serta pariwisata lewat program keolahragaan Rp 1,5 triliun.

Ia juga menyampaikan begitu terkesannya pada performa gemilang tim Indonesia dalam ajang SEA Games ke-32. Sri Mulyani mengucapkan selamat kepada kontingen Indonesia yang berhasil meraih gelar juara umum di berbagai cabang olahraga.

Baca Juga  Resmi! Saham Antam Kembali Masuk Indeks Berbasis ESG di BEI

Seperti diketahui, Indonesia berhasil memenangkan pertandingan final sepak bola U-22 versus Thailand. Kemenangan dengan skor akhir 5-2 di waktu tambahan, membuat kontingen Garuda berhasil membawa pulang medali emas SEA Games setelah menantikan selama 32 tahun lamanya.

“Drama yang berlangsung hingga babak tambahan tersebut berakhir dengan hasil membanggakan bagi Indonesia. Sekali lagi, saya ucapkan selamat dan terima kasih bagi para pahlawan olahraga Indonesia,” ujarnya.

Sri Mulyani juga menyampaikan kebanggannya terhadap cabang olahraga lain yang berhasil memberikan kontribusi luar biasa untuk Indonesia, antara lain pencak silat, wushu, balap sepeda, tenis, e-sports, angkat besi, dan badminton. Selain itu, beberapa cabang olahraga juga mencatat prestasi yang luar biasa, yakni tim voli putra berhasil meraih hattrick emas selama tiga SEA Games berturut-turut, sementara tim basket putri berhasil meraih medali emas pertamanya.

Baca Juga  DPR dan Pemerintah Sepakati Rincian Asumsi Dasar Makro 2025

“Saya ucapkan selamat dan rasa hormat setinggi-tingginya bagi seluruh kontingen yang telah mengharumkan nama bangsa. Total 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu berhasil dibawa pulang. Luar biasa,” kata Sri Mulyani.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *