in ,

BI: Digitalisasi Kunci Akselerasi Pemulihan Ekonomi

Menurutnya lagi, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan industri digital terutama fintech karena populasi Indonesia sebanyak 227 juta penduduk tersebar di seluruh Indonesia dan 137 juta di antaranya merupakan angkatan kerja.

“Di samping itu, sebanyak 175 juta penduduk atau 65,3 persen populasi telah terkoneksi dengan internet. Selain itu, pada 2020 terdapat 120 juta penduduk menggunakan e-commerce dengan nilai transaksi sebesar Rp 266 triliun,” ungkapnya.

Di sisi lain, bos OJK ini mengingatkan agar pihak-pihak yang berkepentingan dalam ekosistem ini dapat secara bersama-sama menjaga industri jasa keuangan, dan melindungi kepentingan masyarakat. Caranya, dengan tetap mengedepankan produk yang murah, berbasis teknologi, dan memberikan layanan yang lebih baik, serta akses yang lebih cepat.

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

“Terutama untuk masyarakat di daerah dengan tetap memerhatikan kepentingan perlindungan konsumen, serta mengedepankan adanya literasi dan edukasi masyarakat,” katanya.

Ia menilai, adanya rangkaian Bulan Fintech Nasional ini dapat menjadi momentum dan wadah yang tepat untuk memberikan pemahaman dan awareness yang lebih baik kepada masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan digital, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan produk dan layanan digital secara aman dan nyaman.

Pihaknya menyadari, perlindungan konsumen masyarakat di daerah sangat penting lantaran banyak dari mereka yang minim literasi dalam memahami produk yang betul-betul cocok dan aman bagi mereka.

“Untuk itu edukasi dan literasi sangat penting dalam hal ini terutama kami mengingatkan kepada masyarakat hati-hati dengan pinjol ilegal. Kami bersama-sama pemangku kepentingan lainnya berkomitmen untuk memberantas pinjol ilegal, dan memproses secara hukum apabila melanggar perundang-undangan yang berlaku,” jelas Wimboh.

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *