in ,

Bank Mandiri – DBS Salurkan Kredit Hijau 33 Juta Dollar AS ke TBS

Bank Mandiri - DBS Salurkan Kredit Hijau
FOTO: TBS

Bank Mandiri – DBS Salurkan Kredit Hijau 33 Juta Dollar AS ke TBS

Pajak.com, Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) dan PT Bank DBS Indonesia (DBS) salurkan kredit hijau sebesar 33 juta dollar AS kepada PT TBS Energi Utama Tbk (TBS). Penyaluran kredit didasari oleh komitmen yang seirama pada ketiga perusahaan, yakni berfokus untuk mengurangi emisi karbon dan berkontribusi dalam transisi energi.

Presiden Direktur TBS Dicky Yordan menjelaskan, dana sebesar 33 juta dollar AS akan digunakan TBS untuk mengakuisisi Asia Medical Enviro Services (AMES), sebuah perusahaan pionir dan terbesar yang berfokus pada penyediaan layanan limbah medis di Singapura.

“Sebagai perusahaan energi terintegrasi yang berpusat pada keberlanjutan (sustainability), TBS memiliki layanan di sektor listrik, pertambangan, perkebunan, kendaraan listrik, dan energi terbarukan. TBS juga akan melanjutkan berinvestasi di infrastruktur yang berkelanjutan dan terbarukan, seperti tata kelola sampah medis dan kendaraan listrik. Maka dari itu, kami senang berkolaborasi dengan Bank Mandiri dan DBS. Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan kontribusi positif pada Indonesia yang lebih berkelanjutan,” ungkap Dicky dalam konferensi pers, dikutip Pajak.com, (12/9).

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Ia memastikan, strategi mengakuisisi AMES merupakan sebuah langkah konkret dan mengukuhkan komitmen perusahaan untuk berkontribusi pada investasi keberlanjutan.

“Terpenting bagaimana TBS dapat secara signifikan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan seiring dengan tujuan dan visi misi ‘Towards a Better Society 2030 (TBS2030)’,” ujar Dicky.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah K. Indriati menuturkan, sebagai wholesale banking terbesar di Indonesia dan market leader environmental social governance (ESG), Bank Mandiri memiliki aspirasi untuk berperan aktif dalam mendukung tercapainya target keberlanjutan nasional dengan visi ‘Becoming Indonesia’s Sustainability Champion for a Better Future’.

“Komitmen kuat ini diwujudkan melalui penyaluran sustainable financing yang telah mencapai sekitar 25 persen dari total kredit bank wide per Juni 2023. Bahkan, khusus untuk green portfolio, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp 115 triliun atau lebih dari 30 persen dari total green portfolio di Indonesia. Ini menjadikan bank pelat merah itu sebagai market leader di sisi penyaluran,” ungkap Susana.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

Bank Mandiri menyakini, peran industri keuangan sangat penting dalam mengakselerasi transisi bisnis menuju praktik yang lebih ramah lingkungan.

“Dengan customer base yang luas, Bank Mandiri terus memberikan dukungan penuh kepada nasabah dan menjadi bagian dari perjalanan transisi ke ekonomi rendah karbon, serta berupaya memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” ujar Susana.

Sementara itu, Direktur DBS Kunardy Lie menegaskan komitmen yang kuat perusahaan untuk mendukung nasabah di setiap langkah. Tidak hanya dalam peningkatan bisnis, namun sekaligus memainkan peran untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

“Misi kami menjadi ‘Best Bank for a Better World’ yang diaplikasikan melalui tiga pilar kerja keberlanjutan, yakni responsible banking, responsible business practice, dan impact beyond banking. Hal itu merupakan bukti penting bahwa agenda keberlanjutan terjahit di setiap daya dan upaya kerja kami,” pungkas Kunardy.

Baca Juga  KADIN Optimistis Hasil Putusan MK Beri Kepastian bagi Dunia Usaha

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *