in ,

Airlangga: Sinergi Pelaku Bisnis, Kunci Pemulihan Ekonomi

Airlangga, Sinergi dengan Pelaku Bisnis, Kunci Pemulihan Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk berkolaborasi dengan pelaku bisnis agar pemulihan ekonomi nasional dapat dipercepat, sejalan dengan pemulihan ekonomi global.

Hal itu disampaikannya saat bertemu dengan US-ASEAN Business Council yang mewakili 39 korporasi besar berskala global yang berbasis di Indonesia, Singapura, Hong Kong, dan Amerika Serikat secara virtual, Selasa (24/08).

“Seperti kita ketahui bersama, pertumbuhan ekonomi global sudah on track. Tiongkok dan Amerika Serikat bahkan mencatatkan pertumbuhan ekonomi tinggi di angka 7,9 persen dan 12,2 persen year on year. Pemerintah Indonesia optimistis, pemulihan ekonomi akan segera terwujud jika kolaborasi pelaku bisnis global terus ditingkatkan,” ujarnya.

Baca Juga  Pemerintah Kembali Buka Pintu Internasional di Bali

Ia pun menyebut, ekonomi Indonesia tercatat tumbuh 7,07 persen (yoy) pada kuartal kedua tahun ini. Ini merupakan angka pertumbuhan tertinggi secara kuartal sejak krisis 2007-2008 silam, juga tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa negara lain di kawasan. Namun, pemerintah Indonesia juga mewaspadai angka pertumbuhan yang relatif lebih rendah pada kuartal ketiga tahun ini, karena melonjaknya kasus positif COVID-19 akibat varian Delta.

“Untuk mengantisipasinya, pemerintah Indonesia mengambil langkah cepat dengan memberlakukan PPKM secara lebih ketat yang terbukti efektif menekan jumlah kasus aktif dan juga tingkat penularan kasus COVID-19,” urainya.

Selain itu, Airlangga juga menyebut bahwa pemerintah terus mempercepat program vaksinasi nasional. Sekitar 90,68 juta dosis vaksin telah disuntikkan ke masyarakat Indonesia. Sebanyak 58 juta diantaranya merupakan vaksin dosis pertama dan 32,23 juta adalah vaksinasi dosis kedua.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0