in ,

Terinspirasi Konser Taylor Swift, Partai Hijau Ajukan Pajak Tiket

Partai Hijau Ajukan Pajak Tiket
FOTO: IST

Terinspirasi Konser Taylor Swift, Partai Hijau Ajukan Pajak Tiket

Pajak.comEdinburg – Partai Hijau (Green Party) Skotlandia baru-baru ini telah ajukan inisiatif baru berupa pengenaan pajak tiket untuk mendukung industri pertunjukan musik. Usulan yang cukup menyita perhatian publik di Edinburg ini muncul seiring dengan persiapan konser yang akan diadakan oleh penyanyi pop Amerika Serikat, Taylor Swift, di Stadion Murrayfield, Edinburgh, Skotlandia. Diperkirakan, ada lebih dari 67 ribu penggemar akan menghadiri setiap malam dari rangkaian tiga hari konser tersebut pada akhir pekan ini.

Mark Ruskell, juru bicara budaya Partai Hijau, menekankan bahwa banyak artis dan tempat musik yang luar biasa di Skotlandia saat ini merasakan tekanan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Terdapat tempat-tempat ikonik yang telah menjadi landasan bagi beberapa artis terbesar di dunia. Pajak kecil sebesar 1 poundsterling (setara dengan Rp 21 ribu) pada konser-konser besar yang mengisi stadion, seperti konser Taylor Swift di Murrayfield, dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap industri musik dan budaya kita,” ujar Ruskell, dikutip dari Holyrood.com, Sabtu (08/06).

Partai Hijau menyatakan bahwa tingginya permintaan untuk Eras Tur milik Swift menandakan kebutuhan akan sumber pendanaan baru bagi sektor musik, yang akan diuntungkan dari penerapan pajak tiket pada acara skala besar. Usulan ini diajukan di tengah meningkatnya kekhawatiran terkait penutupan tempat-tempat musik akar rumput di Skotlandia, yang telah meningkat dari satu penutupan pada tahun 2021 menjadi 14 pada tahun 2023.

Berdasarkan data dari Music Venue Trust, sebuah lembaga yang berdedikasi untuk pelestarian tempat musik independen di Skotlandia, diperkirakan bahwa pajak sebesar 1 poundsterling untuk setiap penjualan tiket di dua stadion terbesar di Skotlandia dapat menghasilkan dana sebesar 1 juta poundsterling setiap tahunnya atau sekitar Rp 20,70 miliar. Dana tersebut direncanakan untuk mendukung musik akar rumput, para artis, dan tempat-tempat musik lokal.

Baca Juga  Kanada Segera Berlakukan Pajak Barang Mewah Baru

Dengan adanya konser Swift, Partai Hijau memperkirakan bahwa biaya tambahan ini dapat mengumpulkan penerimaan sekitar 200 ribu poundsterling atau sekitar Rp 4,14 miliar untuk mendukung tempat musik lokal. Kedatangan Swift ke Edinburgh juga telah mendapat perhatian dari kalangan politik Skotlandia.

Inisiatif pajak hiburan ini dinilai langkah yang berani dan berpotensi kontroversial. Di sisi lain, usulan ini mencerminkan upaya untuk mencari solusi kreatif dalam mendukung industri pertunjukan musik yang sedang menghadapi tantangan di Skotlandia.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *