in ,

Perusahaan di KEK Kendal Lakukan Ekspor Perdana ke Amerika Serikat

Perusahaan di KEK Kendal
FOTO: Bea Cukai 

Perusahaan di KEK Kendal Lakukan Ekspor Perdana ke Amerika Serikat

Pajak.com, Jawa Tengah – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang (Bea Cukai Semarang) ikut melepas ekspor perdana produk PT Polygroup Manufaktur Indonesia (PT PMI) ke Amerika Serikat. Perusahaan yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal ini berhasil mengekspor 7.431 karton pohon natal senilai Rp 47.308.407.149,25 menggunakan 12 kontainer.

Kepala Kantor Bea Cukai Semarang Bier Budy Kismulyanto mengapresiasi pencapaian PT PMI dalam melakukan ekspor perdana tersebut. Menurutnya, keberhasilan PT PMI menunjukkan bahwa fasilitas dan dukungan yang diberikan di KEK Kendal dimanfaatkan dengan optimal oleh para pelaku usaha.

“KEK Kendal merupakan salah satu kawasan yang dibentuk untuk mendukung pertumbuhan industri dan perdagangan di Jawa Tengah, yang berada di bawah pengawasan Bea Cukai Semarang. Kehadiran KEK tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional melalui peningkatan ekspor dan penyerapan tenaga kerja,” ungkap Bier dalam acara pelepasan kegiatan ekspor—dituangkan dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com(5/7).

Ia berharap, keberhasilan PT PMI dalam melakukan ekspor perdana dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk memanfaatkan fasilitas KEK. Dengan demikian, perekonomian nasional diharapkan dapat terus berkembang dengan sinergi antara pemerintah, pengusaha, dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga  Pemerintah Dorong Pemanfaatan “Tax Holiday” di KEK Kendal

“Dengan adanya dukungan dari Bea Cukai, PT PMI berhasil menembus pasar internasional, yang diharapkan dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain di Indonesia, sehingga ekspor dapat menjadi motor penggerak utama bagi perekonomian nasional yang lebih kuat dan berdaya saing tinggi.

Acara juga diisi dengan pemberian bimbingan kepada eksportir untuk semakin memahami regulasi dan memanfaatkan fasilitas KEK.

Fasilitas di KEK Kendal 

Sebelumnya, Plt. Sekretariat Jenderal Dewan Nasional KEK Susiwijono Moegiarso memastikan bahwa pemerintah terus berupaya memfasilitasi pelaku usaha mengembangkan investasi di KEK Kendal. Salah satunya, mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan tax holiday dengan berbagai kemudahan.

“Diharapkan KEK Kendal bukan hanya dapat mencapai target, namun memberikan peningkatan signifikan dalam arus investasi ke Indonesia dan berkontribusi pada perekonomian nasional. Implementasi fasilitas dan kemudahan di KEK salah satunya dilakukan melalui pengajuan fasilitas pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) badan yang difasilitasi Dewan Nasional KEK,” ungkap Susiwijono dalam Rapat Pembahasan Isu Strategis KEK Kendal dan Sosialisasi Pengajuan Fasilitas Pengurangan PPh Badan di KEK melalui Online Single Submission (OSS) di Semarang, (27/2).

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *